Kapolres Simalungun Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Jelang Pemilu 2024 yang Aman, Damai dan Sejuk

Simalungun | suaranasionalnews.co.id Dalam kesiapan menjelang Pemilu 2024, Polres Simalungun telah melaksanakan Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Operasi “Mantap Brata Toba 2023-2024.” Acara ini dipimpin langsung oleh Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala, S.I.K., S.H., M.H., dan berlangsung di Lapangan Apel Mako Polres Simalungun, pada Minggu (11 Februari 2024).

Apel ini bertujuan untuk memastikan kesiapan terakhir seluruh personel dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemungutan suara. Sebanyak 327 personel pengamanan TPS dari Polres Simalungun hingga ke Kapolsek sejajaran turut serta dalam kegiatan ini.

Kapolres Simalungun dalam membacakan amanat dari Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, menekankan pentingnya tanggung jawab Polri dalam memberikan jaminan keamanan untuk Pemilu yang aman, damai, dan sejuk. “Hadirin dan peserta Apel yang saya hormati, saat ini kita sudah memasuki H-3 pelaksanaan Pemilu tahun 2024. Pemilu merupakan pesta demokrasi bagi seluruh rakyat Indonesia, dan merupakan tanggung jawab kita bersama untuk menjaga keamanan proses tersebut,” ujar AKBP Choky Sentosa Meliala.

Disampaikan juga bahwa personel Polres Simalungun telah dilengkapi dengan berbagai alat dan perlengkapan yang mendukung pelaksanaan tugas pengamanan TPS. Selain itu, ditekankan pula pentingnya personel untuk menjaga kondisi kesehatan, memahami tugas dan tanggung jawab, serta mengikuti protokol pengamanan, termasuk larangan membawa senjata api kecuali bagi personel khusus yang diizinkan.

Kapolres Simalungun AKBP Choky Sentosa Meliala, S.I.K., S.H., M.H., secara detail menyampaikan strategi dan persiapan terkait pengamanan Pemilu 2024 di wilayah Simalungun. Dengan pengamanan yang akan dilakukan di sejumlah 3052 TPS, Polres Simalungun menurunkan 327 personel dan akan bersinergi bersama personel dari Kodim 0207/Simalungun untuk memastikan pelaksanaan pemungutan suara berjalan lancar, aman, dan damai.

“Apel Pergeseran Pasukan yang kita lakukan hari ini tidak hanya sekedar formalitas, tetapi ini merupakan pengecekan terakhir kesiapan kita dalam pelaksanaan pengamanan TPS. Kita harus memastikan bahwa tidak ada yang tertinggal, dan semua personel sudah siap dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing,” terang AKBP Choky.

Lebih lanjut, Kapolres menegaskan bahwa kesiapan personel tidak hanya dari segi fisik tetapi juga mental dan peralatan. “Kita sudah mempersiapkan personel kita dengan berbagai pelatihan dan simulasi pengamanan. Selain itu, setiap personel telah dilengkapi dengan perlengkapan yang mendukung, mulai dari alat komunikasi, pengamanan diri, dan tentunya pengetahuan dan pemahaman terkait SOP pengamanan TPS.”

AKBP Choky juga menekankan pentingnya koordinasi dan kerjasama antara Polres Simalungun dengan berbagai pihak, termasuk TNI, penyelenggara Pemilu, dan unsur masyarakat. “Kita tidak bekerja sendiri. Sinergitas antara Polri, TNI, penyelenggara Pemilu, dan masyarakat adalah kunci utama dalam menciptakan pemilu yang aman, damai, dan demokratis.”

Terakhir, Kapolres Simalungun menegaskan komitmen Polres dan personelnya dalam memberikan jaminan keamanan kepada semua pihak selama pelaksanaan Pemilu 2024. “Tugas kita adalah memastikan bahwa setiap warga negara memiliki kesempatan yang aman untuk menggunakan hak pilihnya tanpa ada rasa takut atau terintimidasi. Kita hadir untuk menjaga keutuhan proses demokrasi di negeri ini.”

Dengan persiapan yang telah dilakukan, AKBP Choky Sentosa Meliala mengajak seluruh elemen masyarakat Simalungun untuk bersama-sama mendukung dan menjaga kondusivitas wilayah sehingga Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar, aman, dan demokratis.

Acara ditutup dengan doa bersama untuk kelancaran dan keberhasilan dalam pengamanan Pemilu 2024, semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan, kekuatan, dan perlindungan kepada seluruh personel dalam menjalankan tugas. “Selamat bertugas! Mari kita sukseskan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 ini,” ajak Kapolres sebagai penutup amanat. (Leodepari)