Grand Final Kerapan Kambing Dandim Cup, Panitia Serahkan 7 Unit Sepeda Motor

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idBertempat di lapangan kerapan Sumarto, Desa Batuan, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep, Kodim 0827/Sumenep menggelar lomba kerapan kambing Dandim Cup dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke 753.

Acara yang dimulai sejak pagi tadi itu berakhir sore hari ini Minggu (27/11/2022) pukul 16.55 WIB.

Pada perlombaan kerapan kambing kali ini dimeriahkan dengan hadiah yang spektakuler. Tak tanggung-tanggung 7 unit sepeda motor menjadi hadiah utamanya dan disiapkan pula hadiah berupa thropy.

Ada 3 kriteria di perlombaan kambing kali ini yang mendapatkan hadiah tersebut yakni golongan menang (A), golongan kalah (B) dan golongan ukuran (C).

Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E. menyampaikan harapan dari digelarnya tradisi dan budaya kerapan kambing untuk dapatnya diakui sebagai budaya Sumenep agar kedepannya kerapan kambing ini menjadi obyek pariwisata khas daerah Kabupaten Sumenep.

“Kedepannya kami agendakan lomba karapan kambing ini dilaksanakan 2 kali setahun, harapan kita bersama bisa menjadikan budaya kerapan kambing diakui regional, nasional bahkan internasional, mohon kerjasama yang baik dari semua lapisan masyarakat untuk mendukung dan ikut melestarikan budaya lokal yang ada,” ujarnya.

Menurut Dandim, nantinya dari kegiatan kerapan kambing ini memiliki banyak dimensi baik dimensi ekonomi, kreatifitas dan meningkatnya harga jual kambing yang menang dalam lomba di pasaran kelak.

“Diharapakan juga menjamur di wilayah madura lainnya, bahkan bagi pemilik kambing pemula juga diberi peluang untuk ikut serta pada lomba kerapan kambing di event berikutnya,” imbuh Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E.

Acara yang digelar selama sehari tersebut diikuti oleh 128 peserta melahirkan 7 pemenang di tiga kategori.

Pemenang lomba kerapan kambing, Juara Golongan Menang (A) yakni Juara 1 Bintang pesawat milik Wasit dari Bluto, Juara 2 Putri Sinden Panggung milik Yuniar dari Pamekasan, Juara 3 Panglima Tempur milik Caca Cece dari Langsar Saronggi.

Untuk Juara Golongan kalah (B) Juara 1 Putri Mahkota Raya milik Bapak Surya dari Pamekasan, Juara 2 Bintang Letcelet milik Supriyadi Langsar Saronggi, Juara 3 Macan Nusantara milik Azka Dari Tanjung Saronggi

Dan kategori terakhir untuk Juara Golongan ukuran Juara 1 Golongan menang ukuran kecil Mega Bintang milik Ilham dari Talango dan Juara 1 Golongan kalah ukuran besar Sekar Mayang milik Umakla Aska dari Tanjung. Hadiah diserahkan langsung oleh Dandim 0827/Sumenep. (Pendim 0827/Sumenep)