Babinsa Dampingi MMD UB Tinjau Kolam Lele Bumdes Desa Patian

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idBabinsa Koramil 0827/01 Kota Serda Suhaemi dampingi Mahasiswa Membangun Desa (MMD) Universitas Brawijaya tinjau kolam lele di Desa Patian, Kecamatan Batuan.

Diketahui kolam ikan lele tersebut dikelola oleh Taufik Nurullah warga RT 001/RW 002 Desa Patian yang merupakan Bumdes Patian untuk kembangkan sektor ketahanan pangan.

“Tadi kami dampingi MMD meninjau ke lokasi kolam, mereka juga tadi sambil tanya-tanya proses penebaran bibit lele hingga panen,” kata Serda Suhaemi. Sabtu (8/7/2023).

Dikatakannya, proses panen lele sendiri selama 3 bulan, dan setiap kolamnya diisi seribu bibit lele.

“Untuk pemasarannya sendiri ini diambil pengepul, biasanya langsung dijual kembali ke pengusaha warung nasi pecel lele,” jelasnya.

Ini juga lanjut Serda Suhaemi “untuk menambah perekonomian warga desa Patian, sehingga harapannya hasil dari panen bisa dibagikan ke warga setempat,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk MMD sendiri kata Serda Suhaemi untuk memperoleh ilmu cara budidaya lele menggunakan kolam bundar, atau berbagi pengalaman yang dilakukan bapak Taufik kepada MMD.

“Ini tentunya bekal bagi mereka, kegiatan disini untuk menyerap Ilmu dari pengusaha lele, harapanya bisa menambah wawasan bagi adek-adek yang lagi MMD di desa Patian,” harapnya. (Pendim 0827/Sumenep)