Penanaman Bawang Merah Sumenep Berpotensi Mengimbangi Penghasilan Dari Tembakau

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idPemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) tetap lakukan pengembangan bawang merah disejumlah wilayah daerah kabupaten Sumenep.

Chainur Rasyid, Kepala DKPP Kabupaten Sumenep melalui Kepala Bidang (Kabid) Prasarana menyampaikan, pengembangan tanam bawang merah dilakukan, karena di Kabupaten Sumenep sangat berpotensi bawang merah varietas Rubaru.

“Tanaman bawang merah sangat cocok sebagai pengganti tanaman tembakau, karena hasil panennya tidak kalah dengan tembakau,” ungkap Ervan Evandi, Selasa (26/03/2024).

Ia menjelaskan, bawang merah yang semula hanya ditanam oleh para petani di Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, kini secara perlahan para petani lain sudah banyak yang menanam, bahkan hasil produksinya tidak kalah dengan desa penghasil bawang yang sebelumnya.

“Lahan sawah yang cocok ditanami bawang merah umumnya lahan yg tidak tergenang air,lahan dataran tinggi juga sangat baik untuk dijadikan penanaman bawang merah, selain itu bagi petani ada bantuan bibit dari pemerintah serta diberi penyuluhan dan pendampingan, baik teknis atau bantuan stimulan,” tutupnya. (Duk)