Meriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444, Pemkab Sumenep Bersama Masyarakat Gelar Pawai Asyuro

Sumenep, Jatim|suaranasionalnews.co.id Guna pererat jalinan tali silaturahmi dengan masyarakat serta memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Sumenep menggelar Pawai Asyuro.

“Kegiatan ini menjadi syi’ar Islam sekaligus diharapkan seluruh masyarakat untuk selalu menyebarkan kebaikan, meningkatkan kebersamaan dan semangat gotong royong dalam kehidupan sehari-hari,” kata Bupati Sumenep, Achmad Fauzi di sela-sela pelepasan Pawai Asyuro, di depan Rumah Dinas Bupati, Senin, 08/08/2022.

Banyak pembelajaran yang bisa dipetik dalam kegiatan tersebut, banyak pengetahuan bernilai positif yang bisa diserap. Selain ajang silaturahmi, ada nilai edukasi tentang akhlakul karimah, gotong royong dan banyak lainnya.

“Semoga, pada tahun baru Islam 1444 Hijriah tahun ini, bisa membawa keberkahan, kebahagiaan dan membawa manfaat untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Sumenep,” tuturnya.

Bupati Sumenep juga menyampaikan, kondisi melandainya wabah Covid 19 akan bererefek positif kepada aktivitas masyarakat. Sehingga Pemkab Sumenep juga akan melonggarkan kebijakan yang berkaitan dengan kegiatan kemasyarakatan. Diharapkan dengan adanya kegiatan Pawai Asyuro mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Sumenep.

“Indonesia termasuk Kabupaten Sumenep dua tahun terakhir, digemparkan dengan munculnya wabah Covid-19, yang mengakibatkan melumpuhnya sektor kesehatan dan perekonomian termasuk lini kehidupan lainnya,” ungkapnya.

Karena itulah, pihaknya menekankan masyarakat tetap menjaga kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, mengingat virus itu belum berakhir yang sewaktu-waktu kasusnya melonjak kembali.

“Covid-19 memang tidak bisa dianggap remeh dan dibiarkan begitu saja, mengingat virus itu belum berakhir, karena itulah, masyarakat harus menjaga kesehatan demi diri sendiri dan keluarga,” jelas Bupati.

Pawai Asyuro menyemarakkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah menampilkan drumband, pawai lampion dan musik tong-tong atau ul-daul dengan rute, yakni start depan Rumah Dinas Bupati – Jalan Hos Cokroaminoto – Jalan KH. Agus Salim – Jalan Kartini – Jalan Halim Perdana Kusuma Taman Adipura – Jalan Dr. Soetomo dan finish depan Labang Mesem.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep, Kamiluddin menambahkan, peserta Pawai Asyuro sebanyak 350 (tiga ratus lima puluh) orang dari 10 (lembaga) pendidikan se-Kecamatan Kota Sumenep dan kelompok masyarakat.

“Lembaga Pendidikan yang ikut berpartisipasi pada Pawai Asyuro adalah Ponpes Aqidah Usymuni, Ponpes Asymuni, MAN Sumenep, SMAN 2 Sumenep, MTsN 2 Sumenep, MIN Tarate, MIN Kolor, TK Pertiwi, An-Nur dan Masjid Agung Ponpes Al-Azhar Pamolokan,” tambahnya. (And, Red)