Babinsa Dampingi Petugas Puskesmas Sukseskan Program Bulan Imunisasi Anak Sekolah Dasar

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idDalam upaya turut serta dalam mendukung program pemerintah Babinsa Koramil 0827/02 Kalianget Serda Muhayi aktif melaksanakan pendampingan pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di wilayah Kecamatan Kalianget salah satunya di SDN 02 Kalianget Desa Kalianget Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep. (27/11/2023).

Vaksin Bias adalah kegiatan imunisasi lanjut pada anak sekolah dasar. Imunisasi yang dilaksanakan yaitu pemberian obat cacing dan imunisasi HPV (Human Papilloma Virus) untuk mencegah kanker mulut rahim. Imunisasi MR (Measles Rubella) untuk mencegah penyakit campak yang dilaksanakan oleh petugas dari Puskesmas Kalianget.

Tujuan pemberian vaksin kepada anak ini antara lain adalah untuk membentuk antibodi atau kekebalan terutama terhadap penyakit campak dan rubella. Karena penyakit-penyakit tidak hanya dapat dialami mereka ketika masih bayi tetapi juga bisa terjadi saat mereka di usia sekolah.

Disela kegiatan tersebut sebagai Babinsa Serda Muhayi menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam pemeliharaan kesehatan bagi anak dan balita sekaligus sebagai cermin para orang tua dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan bagi anak agar mereka dapat tumbuh sehat.

Kegiatan pendampingan ini merupakan bagian tugas kewilayahan yang harus dilakukan Babinsa. Kehadiran Babinsa dalam pelaksanaan imunisasi membawa pengaruh terhadap moril para anak-anak agar tidak merasa takut terhadap suntikan imunisasi untuk menimbulkan rasa percaya diri, demi kesehatan mereka, ” pungkasnya. (Pendim 0827/Sumenep)