Ra. Mamak; Dengan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Untuk Meneladani Spirit, Akhlak dan Refleksikan Civil Society

Sumenep, Jatim|suaranasionalnews.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW, Yayasan ‘Sataretanan Sumenep Berdaya’ menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1444 H/2022, di Kantor Yayasan Bumi Berkah, Desa Kasengan, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep. Senin, 31/10/2022.

Dalam acara yang bertajuk ‘Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW dan Refleksi Civil Society’, hadir KH. Muhammad Shalahuddin A. Warits sebagai pemateri, yang menyerukan serta mengingatkan kembali pada masyarakat luas, tentang keteguhan serta besarnya semangat perjuangan Nabi Muhammad SAW kala menyampaikan Wahyu Allah pada masyarakat di masa itu

“Kegiatan ini bertujuan untuk menemukan kembali spirit perjuangan Nabi Muhammad SAW, dalam menyampaikan, mengubah masyarakat Arab, yang mana pada waktu sangat penuh dengan realitas konflik yang luar biasa. Namun dengan tata cara kepemimpinannya, Jazirah Arab berhasil dipersatukan dan menjadi damai makmur hingga sekarang ini,” ujarnya.

Dikatakan pula olehnya, atau yang lebih biasa dipanggil Ra. Mamak, model kepemimpinan yang di terapkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah kepemimpinan transformatif dan elegan. Atau yang bahasa kerennya disebut dengan ‘Civil Society’.

“Sistem pemerintahan yang di terapkan Rasulullah adalah dengan cara Civil Society, dengan kata lain bermetode gerakan mengurus rakyat, jadi bukan gerakan yang hanya mengurus lembaga negara atau partai politik saja,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Ajimuddin selaku Ketua Yayasan ‘Sataretanan Sumenep Berdaya’ membahayakan, acara yang digelar kali ini murni kegiatan sosial keagamaan dan sangat diapresiasi oleh masyarakat luas khususnya warga Desa Kasengan sendiri.

“Dengan melihat animo masyarakat yang sangat bagus serta dihadiri oleh ratusan relawan Ra. Mamak, kami berinisiatif untuk kedepannya kegiatan serupa akan rutin dan makin digalakkan. Bukan hanya itu saja Yayasan ‘Sataretanan Sumenep Berdaya’ juga sangat memperhatikan dan lakukan pendampingan terhadap Kaum Mustadh’afin,” tuturnya.

Sekedar informasi, yayasan ‘Sataretanan Sumenep Berdaya’ merupakan yayasan yang bergerak di bidang sosial ekonomi serta pemberdayaan terhadap masyarakat kecil, terutamanya pada dhua’fa dan anak yatim. (**Ad, Tiem)