KEMBALI KE PESANTREN SELURUH SANTRI PUTRA PP.ALMUJTAMAK DILAKUKAN SCREENING OLEH TEAM MEDIS DENGAN PENGAWALAN POLISI

Pamekasan– Ratusan santri yang menempuh pendidikan di PP. Al Mujtamak desa plakpak kec. Pegantenan kab.pamekasan akhirnya kembali lagi ke pesantren guna melanjutkan pendidikan usai pelaksanaan liburan.

Bukan perkara mudah kembalinya santri ke pesantren,karena ditengah Pandemi Covid19 ini ada beberapa protokol kesehatan yang harus dilakukan oleh para santri,salah satunya santri harus membawa surat hasil tes kesehatan dari puskesmas di tempat tinggal masing-masing,selain itu untuk mencegah adanya penyebaran wabah covid19 di pesantren,maka tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dari puskesmas Bulangan haji dan team melakukan screening sesuai dengan protap yang sudah dikeluarkan pemerintah pusat.

Untuk menjaga harkamtibmas , Bhabinkmatibmas Polsek pegantenan Bripka Abd Hamid SH. melaksanakan pengamanan dilokasi,dirinya membantu kelancaran kegiatan screening para santri tersebut.

Hamid mengatakan para santri tersebut tiba di pesantren sekira jam 08.00 wib Senin(8/6/2020).dirinya memantau kedatangan mereka,dan memastikan ada tidaknya para santri yang patut dicurigai terpapar virus covid19,namun sampai kegiatan berakhir ,para santri dinyatakan dalam keadaan sehat dan normal ,” katanya.

Hamid menambahkan, para santri itu sebelum memasuki pesantren identitasnya didata dan diwajibkan mengikuti screening, seperti pemeriksaan suhu badan dan penyemprotan dengan disinfektan. Selain itu, selama 14 hari ke depan, tim gugus tugas di wilayah bersangkutan ditugaskan melakukan pemantauan perkembangan kondisi kesehatan para santri tersebut.

Selain itu, mereka diimbau agar tetap menjaga jarak , physical distancing,memakai masker dan membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. dan kalau tidak ada keperluan mendesak, diharapkan untuk tetap tinggal di pesantren jadi jangan pernah meninggalkan pesantren untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,tegasnya. (Yunk)