Binlat Kodim 0827 Sumenep, Asah Kemampuan Prajurit Dalam Hal Menembak

Sumenep – Kemampuan menembak adalah satu kemampuan yang wajib dikuasai oleh seorang prajurit, untuk mampu menguasai kemampuan ini tentunya dibutuhkan latihan yang dilakukan secara terarah, bertingkat dan berlanjut.

Terkait hal tersebut Kodim 0827/Sumenep melalui program Binlat Bidang Operasi yang sudah ditentukan dalam kalender waktu latihan, kembali menggelar latihan menembak senjata ringan Triwulan II tahun 2020 bertempat di Lapang Tembak Kodim, yang berlokasi di Desa Pamolokan Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep, Rabu (17/6/20).

Dalam kesempatan ini Kasdim 0827/Sumenep Mayor Inf R Hendro prapto mukti mengatakan hal yang paling utama dalam Latbakjatri adalah faktor keamanan, oleh karenanya sebaik apapun hasil sebuah latihan tidak akan berarti jika terjadi cidera ataupun hal-hal yang tidak diinginkan, namun sebaliknya jika latihan berjalan dengan aman dan lancar maka itu adalah sebuah indikator keberhasilan latihan.

“Untuk itu kami selaku penyelenggara Latbakjatri tidak bosan-bosannya menekankan kepada seluruh prajurit yang saat ini sebagai peserta latihan, agar bersikap disiplin dengan mematuhi segala instruksi dari petugas yang sudah ditunjuk oleh Koordinator. Patuhi segala mekanisme latihan, agar kita semua aman dan selamat,” ungkap Mayor inf R .

Sebelum Latbakjatri dimulai, para peserta kembali diingatkan dengan pelajaran teori dasar menembak yang disampaikan oleh Koordinator Materi Menembak Senapan Kapten Arh Joko P. Hal ini dilakukan untuk menyegarkan kembali hal mendasar dari teknik menembak yang benar.

“Dengan adanya pemahaman yang baik tentang ilmu dasar menembak, diantaranya sinkronisasi dari pengaturan nafas, teknik bidik yang benar, teknik menekan picu dan pegangan teguh. Dengan pemahaman dasar ini, diharapkan para prajurit akan mampu mengaplikasikanya dalam latihan, sehingga sasaran ataupun tujuan latihan dapat dicapai sesuai yang diharapkan satuan,” jelasnya.

Latihan menembak senjata ringan terdiri dari latihan menembak senapan dan latihan menembak pistol. Dalam latihan ini prajurit dituntut mampu mencapai nilai yang sudah ditentukan. (Pendim 0827)