Menumbuhkan Nilai-nilai Karakter Anak Bangsa, Danrem 091/ASN Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Bendera

Samarinda | suaranasionalnews.co.idRatusan siswa-siswi SMAK dan SMK Katolik Colorado mengikuti Upacara Bendera hari Senin tampak berbeda dengan upacara biasanya, karena bertindak sebagai inspektur upacara bendera Bintang Satu dari Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN).

Upacara memiliki manfaat yang sangat baik bagi upaya penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan.

Value yang terkandung di dalam setiap urutan tata upacara bendera di antaranya ialah nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, patriotisme dan lain sebagainya

Guna menumbuhkan nilai-nilai karakter anak bangsa Danrem 091/ASN bertindak sebagai inspektur upacara bendera di halaman sekolah SMK Katolik Colorado Jl. Milono Kel. Jawa Kec. Samarinda Ulu kota Samarinda Kaltim. Senin (29/8/2022).

”Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas semangat dan antusias adik-adik siswa-siswi pelajar SMAK dan SMKK”, sebut Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi,SH.MH.

“Kami ucapan terimakasih atas diberi kesempatan untuk bisa bersiturahmi dengan SMAK dan SMKK. Memperkenalkan diri sebagai Komandan Korem 091/ASN yang merupakan putra asli Samarinda dan mulai dari TK, SD, SMP dan SMA juga di Samarinda dan kami satu angkatan dengan kepala sekolah SMK Ibu Rita’, ungkapnya.

“Kami sangat tahu berdirinya sekolah Katolik yang kami nilai merupakan sekolah katolik paling tua di Kaltim. Kami kesini untuk mengaspirasi anak-anak bahwa Kaltim sangat kaya akan sumber daya alam mulai dari jaman Belanda Kaltim sudah dinyatakan kaya akan sumber daya alam yaitu minyak, kayu, sawit, batu bara dan sampai sekarang ekonomi di Kaltim masih bagus dan hal ini ditunjukan dengan daya beli masyarakat tinggi”, jelasnya.

“Kaltim tidak diragukan tentang kekayaan SDA semua ada dari hulu sampai ilir semua ada. Kita jangan terlena dengan kekayaan alam yang dimiliki maka kita bangun Sumber Daya Manusianya yaitu kita harus belajar dan belajar untuk dapat mengelola kekayaan alam”, pesannya.

“Masa Sekolah SMA merupakan generasi penerus bangsa yang ditunggu-tunggu kiprahnya untuk masaa depan. Raihlah cita-citamu dengan semangat jangan mudah putus asa, apabila gagal dalam mengikuti tes pasti akan berhasil. Orang ingin sukses perlu perjuangan, pengorbanan yang besar dan ingin jadi orang besar maka berani mengambil resiko-resiko besar maka akan sukses”,ungkap Danrem.

“Kami mengajak agar anak-anak SMAK dan SMKK punya keingainan menjadi anggota TNI maka belajarlah yang rajin, bisa fisik dan jaga kesehatan”, ajaknya.

“Semoga kegiatan Upacara Bendera ini mampu menumbuhkan nilai-nilai karakter bangsa dan mencetak generasi-generasi yang kuat dan tangguh baik generasi masa kini, juga generasi melenial. Sehingga pada akhirnya tujuan pendidikan karakter yang dicita-citakan dapat terwujud dengan baik yang bersumber dari nilai-nilai agama dan budaya secara lokal dan global”, tutupnya.

Diakhir kegiatan Danrem 091/ASN menyerahkan tong sampah kepada kepala Sekolah SMAK dan SMKK. (Penrem 091/ASN)