Giat Anjangsana Koptu Adi Muklas ke Puskesmas Bluto

SUMENEP – Virus Corona adalah virus yang menyebabkan penderita mengalami demam tinggi, batuk dan gangguan pernafasan. Penularan virus corona itu bisa melalui udara dan Sebagainya.

Sebagai Babinsa Koptu Adi Muklas melaksanakan anjangsana ke Puskesmas Bluto untuk mengetahui kondisi di wilayah Desa Bluto Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Madura, Jawa Timur, Minggu (31/1/2021).

Kehadiran Babinsa disambut oleh Kepala Puskesmas yang diwakili ibu Rosnawati bertugas sebagai petugas kesehatan Puskesmas yang terletak di Desa Bluto.

pertemuan tersebut membahas merebaknya Virus Corona- Covid 19 di seluruh dunia, khususnya di Kabupaten Sumenep.

Akibat merebaknya virus Corona itu, melalui surat edaran dari Gubernur Jawa Timur memerintahkan kepada pelajar SD, SMP, SMA/sederajat diliburkan selama dua pekan.

Dikatakan Koptu Adi Muklas pihak Puskesmas Bluto meminta bantuan agar bisa membantu mensosialisasikan kepada masyarakat cara menghindari terjadinya penularan virus Corona tersebut.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar menghindari kontak fisik dan jauhi pusat keramaian, hindari tempat yang berpotensi jadi wahana penularan,” terang Babinsa Koptu Adi. Muklas.

Diminta jangan cepat panik, selalu menjaga kesehatan dan kebersihan dengan mencuci tangan memakai sabun pembersih dengan air yang mengalir, makan dengan makanan bergizi dan selalu berolahraga.

“Apabila terjadi gejala demam, batuk, flu dan sakit tenggorokan diharapkan segera mendatangi rumahsakit terdekat,” jelasnya.

Di tempat terpisah Komandan Koramil 0827/04 Bluto Kapten Inf Imam Fitri mengatakan, Virus corona itu pada mulanya merupakan virus yang menginfeksi antar hewan, namun virus ini telah berevolusi dan menyebar dapat menginfeksi manusia dengan gejala awal kelelahan, batuk, pilek, demam hingga sesak napas.

Untuk itu kita harus mengantisipasi secara dini untuk mencegah kemungkinan kemungkinan yang tak terduga baik dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat.

“Dan selalu kita menerapkan pola hidup bersih dan sehat, konsumsi makanan bergizi, cuci tangan serta jikalau merasa demam, batuk, pilek segera periksa berobat ke dokter. Kemudian yang paling utama jaga kebersihan diri dan kebugaran tubuh dengan rajin berolahraga,” tutur Danramil. (Pendim)