Dandim 0906/Kutai Kartanegara Pimpin Apel Kesiapsiagaan Karhutla

Kutai Kartanegara | suaranasionalnews.co.id Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr) menggelar Apel Siaga Kesiapsiagaan Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) tahun 2022 bertempat di Base Camp 38 PT SHJ (Surya Hutani Jaya) desa Sabintulung kecamatan Muara Kaman. Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Rabu (31/8/2022) kemarin.

Apel Siaga Kesiapsiagaan Karhutla dipimpin langsung Komandan Kodim 0906/Kutai Kartanegara Letkol Inf. Jeffry Satria serta dihadiri oleh instansi dan stakeholder yang ada di wilayah kabupaten Kukar.

Dalam amanatnya, Letkol Inf. Jeffry Satria menyampaikan “Kepada peserta apel kesiapsiagaan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan ataupun tanggap akan bencana kebakaran yang ada di wilayah Kukar terutama di kecamatan Muara Kaman.

“Kebakaran hutan bisa terjadi kapan saja apabila kita tidak cegah dari hal yang kecil bisa merembet dan meluas, efeknya bisa kemana-mana seperti kita ketahui beberapa tahun yang lalu sempat mendapat protes dari beberapa negara tetangga karena asap dari kebakaran hutan itu sampai mengganggu penerbangan”, ujarnya.

“Selain mengganggu penerbangan, asap kebakaran juga dapat mengganggu kesehatan terutama pernapasan bagi warga masyarakat yang terdampak, di sini kita hadir untuk menyatukan persepsi dalam penanganan karhutla”, imbuh Dandim.

Selain melakukan apel gabungan kesiapsiagaan, para peserta juga melakukan simulasi kebakaran guna menambah ilmu dan wawasan guna mencegah bahaya kebakaran hutan dan lahan.

Turut hadir dalam apel gabungan karhutla tersebut Sekda Kukar Sunggono, MM, Kadisbun Kukar Taufik, Direktur PT. SHJ Rudi Sasko, Kapolsek Sebulu Iptu Chandra, Camat Muara Kaman Hj. Barliang, SE., M.Si, Danramil 0906-08/Muara Kaman Lettu Inf. Ramli, Kapolsek Muara Kaman Iptu Hari, Kaban BPBD Kukar Jahriansyah dan serta seluruh staf PT. Surya Hutani Jaya (SHJ). (Kodim 0906/Kkr)