Dandim 0827/Sumenep Menerima Kunjungan Tim Wasev Kodam V/Brw Dalam Rangka Program Renovasi Rutilahu TA 2021 Dan Pemberian Bansos 

Sumenep – TNI AD menunjukkan komitmennya untuk terus mendukung pembangunan serta mengatasi kesulitan rakyat. Beberapa langkah kongkrit pun dilakukan oleh pihak TNI-AD dalam mengoptimalkan visi dan misinya.

Salah satu aksi riil itu adalah renovasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di wilayah Kodim 0827/Sumenep TA 2021 yang tersebar di berbagai wilayah di Kabupaten Sumenep yang sudah hampir dituntaskan.

Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Nur Cholis, A. Md mendampingi tim Wasef Kodam V/Brawijaya Kolonel Mar Sugiharto, S.H.,M.H (Pa Liaison Kodam V/Brawijaya) dan Letkol Inf Budi Santoso (Pabandya Bakti TNI Sterdam V/Brawijaya) meninjau secara langsung perkembangan program Renovaai Rutilahu di lima wilayah yang berada di Kabupaten Sumenep di antaranya Koramil 0827/02 Kalianget, Koramil 0827/16 Gapura, Koramil 0827/17 Dungkek, Koramil 0827/04 Bluto dan Koramil 0827/09 Pragaan. Selasa (10/08/2021)

Dalam tinjauanya Wasev Kodam V/Brawijaya Kolonel Mar Sugiharto, S.H.,M.H. menegaskan jika hal yang dilakukan TNI ini tidak lain adalah sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyatnya. “Kita tahu bahwa TNI lahir dari rakyat. Rakyat adalah ibu kandung TNI. Untuk itu, Komando kewilayah harus dapat menyentuh, menyelami, memahami kehidupan rakyat di sekitarnya,” tegasnya.

Ia menjelaskan, keberadaan Rutilahu juga mampu meningkatkan kemanunggalan antara TNI dan rakyat. Sebab Kemanunggalan tersebut, merupakan muara dari terwujudnya semangat gotong-royong.

“Mudah-mudahan, semangat gotong-royong itu dapat meningkatkan ketahanan wilayah,” ujarnya

Sementara itu Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Nur Cholis, A. Md memaparkan, dari 200 unit rumah tidak layak huni (RTLH) yang di renovasi, 61 unit rumah sudah mencapai 60% dan 139 unit rumah sudah mencapai 90%. “Dari 200 unit Rumah Tidak Layak Huni yang sudah dikerjakan, Sebanyak 61 unit rumah mencapai 60% dan 139 unit rumah sudah mencapai 90%.” paparnya

Untuk itu, Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Nur Cholis, A. Md kepada Jajaranya menghimbau agar kebut dalam pengerjaan Rumah Tidak Layak Huni agar bisa terselesaikan dengan baik.

“Kami terus menghimbau kepada jajaran kami di beberapa kecamatan agar program renovasi Rutilahu yang mana kegiatan tersebut harus dengan gotong royong karena lewat gotong royong pengerjaan tersebut akan cepat terselesaikan.” ungkapnya

Dalam pengawasan/evaluasi Rutilahu TA 2021, Dandim 0827/Sumenep juga memberikan bantuan sosial kepada masyarakat penerima Rutilahu berupa beras 5 kg, gula 1 kg, minyak goreng 2 liter dan mie instan 10 buah.