Babinsa Koramil Giligenting Dampingi Nakes Lakukan Vaksinasi di Lingkungan Sekolah

Sumenep – Sebuah upaya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Program vaksinasi di Kecamatan Giligenting Kabupaten Sumenep Babinsa bersama aparat terkait gencar melaksanakan program vaksinasi bagi para siswa dan siswi SMP Negeri I Giligenting Sabtu (21/08/2021).

Pelaksanaan vaksinasi tersebut dilaksanakan di Puskesmas dengan jumlah sasaran untuk hari ini sebanyak 20 orang siswa yang siap menerima vaksin dosis pertama, dengan pelaksanaannya disesuaikan dengan protokol kesehatan yang ketat, dimana siswa yang datang diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan dilakukan pengukuran suhu tubuh.

Layanan vaksinasi dilakukan di beberapa ruang kelas sehingga siswa terbagi dan tidak menimbulkan kerumunan. Setelah rangkaian vaksinasi selesai siswa diwajibkan untuk langsung pulang ke rumah masing-masing.

Dalam giat tersebut, Batituud Koramil 0827/23 Giligenting Serma Triyanto mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi digelar menggunakan beberapa gelombang untuk menghindari kerumunan siswa dengan dibantu jajaran TNI-Polri.

“Alhamdulillah pelaksanaan vaksinasi berjalan tertib dan teratur, siswa tetap mengantri dan tetap menjaga jarak serta menggunakan masker,” ujar Batituud.

Lanjut Batituud mengatakan bahwa dengan vaksin merupakan sebuah upaya dalam rangka memutus penularan Covid-19 di Kecamatan Giligenting khususnya di kalangan para siswa. Di Kecamatan Giligenting sudah banyak yang terpapar Covid-19 sehingga pelaksanaan vaksinasi bagi anak-anak semakin gencar dilakukan.

“Meskipun sudah divaksin tetapi tetap harus melaksanakan protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, jauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas. Anak-anak semua meskipun sudah divaksin tetap laksanakan 5M, 3T dan berdoa dalam setiap aktivitas kita jangan abai memakai masker,” paparnya

Menurut data banyak pasien yang terpapar Covid-19 adalah mereka yang belum divaksin, ini menunjukkan bahwa vaksin efektif mencegah penularan Covid-19. Selain itu Babinsa mengharapkan agar anak-anak menjadi pelopor vaksin bagi keluarga dan tetangga.

“Diusahakan ajaklah semua orang yang belum divaksin untuk ikut divaksin di lokasi-lokasi layanan vaksin yang ada di Kecamatan Giligenting agar penularan dan penyebaran wabah Virus Covid 19 ini segera berakhir,” pungkas Batituud