Ton Dalmas Kerangka Polres Tubaba Melaksanakan Latihan Dalmas

Tulang Bawang Barat | suaranasionalnews.co.id Dalam rangka meningkatkan ketrampilan dalam pengendaliamn massa dan profesionalitas personil saat bertugas serta mengantisipasi terjadinya kerawanan Kamtibmas, Ton Kerangka Sat Samapta Polres Tulang Bawang Barat gelar pelatihan kompi kerangka pengendalian massa (Dalmas). Rabu, (19/10/22).

Sebelum di laksanakan pelatihan kerangka kompi dalmas para personil mendapat arahan dan teori dasar yang di pimpin oleh Kabag Ops Polres Tulang Bawang Barat Kompol Dulhapid, S.Pd. Pelatihan ini kita libatkan personil  gabungan dari bag, sat, sie serta personil jajaran polsek guna meningkatkan ketrampilan dalam menghadapi  massa.

“Latihan ini kami berikan enam materi dalam hal pengendalian massa diantaranya, Dalmas lanjut disesuaikan dengan peragaan formasi Dalmas diantaranya, sikap Siaga, Sikap tempur, Dorong maju, Desak maju, Sikap berlindung dan Sikap Dorong maju,”Ujar Kompol Dulhapid.

Pelatihan ini juga membentuk ketrampilan dan membentuk fisik yang prima kepada personil polres Tulang Bawang Barat jelang menghadapi pemilihan kepala daerah dan Pemilu tahun 2024 secara serentak di wilayah Kabupaten Tulang Bwang Barat guna mencegah segala gangguan kamtibmas maupun kerawan di tempat pemilihan.

Nampak terlihat sebanyak puluhan personil dalam melaksanakan gerakan dalmas dengan tanpa tameng, selain meningkatkan kemampuan, latihan ini juga untuk meningkatkan fisik dan kekompakan dalam melaksnakan pengamanan unjuk rasa guna ciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

”Dengan rutin melaksanakan latihan, kami harapkan setiap anggota Samapta selalu siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Kemampuan Dalmas merupakan kemampuan utama bagi setiap anggota Sat Samapta,”Ujar Kompol Dulhapid

Kasat Samapta juga menambahkan bahwa setiap personil juga harus paham tahapan – tahapan dalam pengendalian massa sesuai dengan Peraturan Kapolri nomor 16 tahun 2006 tentang Pedoman Pengendalian Massa.

“Sebagai langkah dasar AKP Harry Suryadi, S.H, juga memberikan teori serta memperagakan dengan formasi dalmas lanjut di antaranya, Sikap Siaga, Dorong Maju, Desak Maju Sikap Berlindung dan Sikap Dorong Maju,”Pungkas Harry. (Can/humas_tubaba)