Danramil Kapten Inf. Sarkun Tegaskan, TNI-Polri Harus Netral Dalam Pilkades Serentak Nanti

Sumenep – Kodim 0827 Sumenep yang terletak di wilayah paling timur pulau Maduda yang berkedudukan di tengah kota Kabupaten Sumenep.

Kodim 0827 Sumenep dipimpin oleh seorang komandan berpangkat Letkol/Letnan Kolonel, sekarang ini dijabat oleh Letnan Kolonel Inf Ato Sudiatna dan didampingi wakilnya sebagai Kepala Staf Kodim dijabat oleh Mayor Inf R. Hendro Prapto Mukti.

Satuan Jajaran dibawah Kodim 0827 Sumenep sebanyak 23 Koramil yang menduduki wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Sumenep termasuk Kepulauan.

Dengan jarak tempat dinas di satuan jajaran di bawah Kodim 0827 yang cukup jauh namun seluruh anggota Kodim diwajibkan menghadiri apel di Makodim yang diatur sesuai dengan jadwal, kapan mereka harus memantau wilayahnya dan kapan mereka harus apel di Makodim sebagai satuan atas dari Koramil.

Hari ini Kamis 25 Juli 2019 merupakan minggu militer, dimana selalu dilaksanakan setiap minggu terakhir dalam setiap bulannya dan anggota Koramil satuan jajaran Kodim 0827 termasuk kepulauan melaksanakan apel dan mengikuti minggu militer yang digelar staf Operasi Kodim 0827.

Kapten Arh. Herlambang Perwira Oprasi menjelaskan sebelum pelaksanaan apel pagi, kegiatan minggu militer wajib diikuti oleh semua anggota Kodim 0827 dengan tidak meninggalkan tugas dan tanggung jawab di wilayahnya.

“Selesai pelaksanaan apel pagi ini dilanjutkan dengan latihan PBB bersenjata untuk menghangatkan materi yang dimiliki, memupuk jiwa korsa dan kebersamaan dalam bertugas di Kodim 0827 Sumenep yang kita cintai ” ujarnya.

Kapten Inf Sarkun Danramil 01 Kota selaku pengambil apel menyampaikan, masing-masing Babinsa supaya bisa ukur kemampuan diri dengan selalu berbuat untuk rakyat, satuan, Bangsa dan negara.

Babinsa cek ulang secara langsung ke desa binaan baik data geografis, demografis dan komsos secara kontinue dan terperinci.

“Rekan-rekan bisa langsung datang ke warga – warga, ke balai desa binaan, dikdukcapil setempat dan bagian data statistik supaya bisa dicocokan dengan hasil secara nyata di lapangan, karena hal inilah sebagai bahan pertimbangan dan tindakan demi kepentingan rakyat, Bangsa dan negara ” tegas Kapten Sarkun.

Dalam akhir penyampaian dijelaskan, harus diperhatikan dan dipedomani bahwa dalam pilkades serentak yang akan diadakan tanggal 7 Nopember 2019, untuk TNI Polri tidak memiliki hak pilih alias netral.

Namun demikian TNI Polri bisa mencalonkan Kades dalam kata lain TNI Polri mempunyai hak untuk dipilih menjadi Kades namun tidak mempunyai hak untuk memilih Kades, tutup Danramil. (pendim)