Dandim 0827 Sumenep Tekankan Babinsa Agar Profesional dalam Laksanakan Tugas

Sumenep – Kodim 0827 Sumenep mengadakan kegiatan Peningkatan Kemampuan Apkowil Triwulan III tahun 2019 bertempat di Aula Kodim 0827 Jln. Kesatrian No. 1 Kelurahan Pajagalan Kecamatan Kota Kab. Sumenep. (29/07/19).

Kapten Inf Nanang Fadori selaku ketua penyelenggara menyampaikan, kegiatan ini sangatlah perlu bagi semua prajurit selaju Babinsa yang berdinas di Teritorial, sebagai ajang kepelatihan dan mengasah kemampuan yang sudah dimiliki.

Kegiatan kali ini bertemakan ” Melalui kegiatan peningkatan kemampuan apkowil tersebar kita tingkatkan prefesionalisme apkowil dalam mengimplementasikan kegiatan pembinaan Teritorial guna mendukung tugas pokok TNI AD ” ungkap Kapten Nanang.

Letkol Inf Ato Sudiatna Komandan Kodim 0827 menyampaikan dalam sambutannya, Kegiatan ini sudah merupakan intruksi dari komando atas dimana dilaksanakan oleh semua Kodim di jajaran Kodam V/Brawijaya.

Dandim berharap, walaupun kegiatan ini tidak bisa diikuti oleh seluruh anggota Kodim dan jajaran karena memang mereka harus melaksanakan tugasnya di kewilayahan, anggota yang ada ini harus benar-benar serius dan laksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Dalam ilmu TNI khususnya di TNI AD ini sebenarnya semua sudah ada dan lengkap, tinggal bagaimana kita mau dan mampu untuk mempelajarinya hingga pelaksanaan dilapangan.

“Setiap Prajurit TNI AD sebagai insan Teritorial terlebih kita yang berada di satua Kewilayahan yaitu Kodim, ingat dan pedomani 5 kemampuan teritorial guna mendukung tugas kita dalam situasi dan kondisi apapun ” ujar Dandim secara tegas.

Menurutnya, 5 kemampuan teritorial harus dihafal mati, bagaimana bisa diimplementasikan dalam tugas kalau hafal saja tidak.

5 kemampuan Teritorial tersebut, petama itu kemampuan temu cepat dan lapor cepat, kedua yaitu Kemampuan Manejemen Teritorial, ketiga : kemampuan penguasaan wilayah, keempat : kemampuan perlawanan rakyat dan terakhir kemampuan komunikasi sosial.

Masih penyampaian Letkol Inf Ato, dari lima kemampuan teritorial urutan kelima adalah kemampuan komunikasi sosial, namun secara spesifik urutan kelima merupakan yang utama dan pertama.

“Sesuai keberhasilan yang ada, dengan mampu menguasai Komunikasi Sosial secara detail maka keempat kemampuan dilapangan dan teori pastilah akan tercapai, tugas Teritorial akan mudah tercapai dengan Komunikasi sosial, menerapkan sikap dan kepribadian Prajurit yang mulia akan mudah diterima rakyat ” tutupnya. (pendim)