Babinsa Koramil Saronggi dukung Kontes Sapi Sonok Madura sebagai tradisi di Sumenep

Sumenep – Pagelaran kontes sapi sonok Madura merupakan tradisi yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Madura.

Kontes sapi sonok Madura diselenggarakan oleh paguyuban sapi sonok Potre Koneng Sumenep yang dilaksanakan di lapangan sepak bola Saronggi Jl. Raya Sumenep Pamekasan desa Muangan kecamatan Saronggi Kab. Sumenep. Sabtu (14/9/19).

Serka Moh. Jufri Babinsa Koramil 0827/06 Saronggi menyampaikan melalui penerangan Kodim, kegiatan sapi sonok merupakan tradisi yang kental dan rutin dilaksanakan dalam setiap tahunnya.

Menurutnya, pihaknya bersama polsek Saronggi selalu siap dalam melancarkan dan mensukseskan kegiatan budaya kecintaan nasyarakat Sumenep sapi sonok.

“Segi kordinasi dalam bidang keamanan dan teknis dilapangan sudah baik dan kompak antara unsur TNI yaitu pihak Koramil Saronggi, polsek dan masyarakat dalam hal ini panitia dan pemerintah setempat”, ungkapnya.

Ketua Panitia Pelaksan Moh. Ratib mengatakan, acara sapi sonok dihadiri Undangan, Peserta dan Penonton dari berbagai wilayah.

Peserta yang terdaftar dalam acara tersebut sejumlah 76 sapi sonok yang siap kontes.

“Menjadi kebanggaan kontes sapi sonok ini dapat terselenggara, terlebih wakil bupati Ahmad Faozi, SH bisa hadir secara langsung”, ujarnya.

Tampak dilokasi selain wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi SH. hadir pula dari dinas Pertanian Kab. Sumenep Abd. Hamid, Kapolsek Saronggi Iptu Moh. Rachmatullah dan Danramil Saronggi yang di wakili oleh Serka Moh. Jufri.serta Pj. Kepala Desa Muangan Bambang Risdiyanto, SH.

Harapan yang besar dari penyelenggara, kecintaan akan sapi sonok sebagai tradisi masyarakat Sumenep yang melekat dalam kehidupan masyarakat dapat terlaksana secara kontinue dan tertanam pada pemuda-pemudi sebagai generasi masa depan. (Pendim)