Babinsa Koramil 0827/01 Kota Melaksanakan Komsos Dengan Bersilaturahmi Bersama Perangkat Desa

SUMENEP – Pembinaan Komsos adalah merupakan salah satu kemampuan aparat teritorial yang harus dimilikni oleh seorang Babinsa. Karena dengan Komsos diharapkan seorang Babinsa akan mengetahui tentang kondisi sosial masyarakatnya, sekaligus untuk mendapatkan data dan fakta sebagai penunjang tugas kewilayahan.

Hal tersebut yang mendorong Babinsa Koramil 0827/01 Kota Koptu Taufik Qurahman melaksanakan Komsos di wilayah binaannya bersama perangkat desa di Desa Pandian Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep. Minggu (4-8-2019).

Koptu Taufik Qurahman bersilahturahmi dengan Perangkat Desa Pandian, dengan melaksanakan Komsos pendataan jumlah penduduk yang baru sebagai kelengkapan data penduduk yang ada di wilayah binaannya.

Koptu Taufik Qurahman mengatakan sudah menjadi kewajiban kami sebagai Babinsa untuk selalu mengetahui perkembangan situasi wilayah binaan mulai dari jenis kegiatan maupun kendala yang terjadi di desa binaan untuk dicarikan solusi jalan pemecahannya.

Lebih lanjut Koptu Taufik Qurahman mengatakan, Komsos dengan Perangkat Desa secara langsung hasilnya akan lebih efektif karena hasil pengarahan atau informasi dari Babinsa, sehingga nantinya Perangkat Desa dapat menyebarluaskan kepada warganya dan juga sebaliknya sebagai Babinsa bisa mendapatkan informasi dan mengetahui permasalahan-permasalahan yang hadapi masyarakat desa binaan.

Selain itu, Komsos ini adalah merupakan tugas dan tanggung jawab babinsa untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan dan untuk lebih mempererat hubungan antara babinsa dan masyarakat.

Dengan adanya Komsos yang dilaksanakan Babinsa secara rutin, diharapkan dapat berperan aktif dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan masyarakat yang ada di wilayah binaan. Disamping itu Komsos merupakan salah satu bentuk sinergitas antara Babinsa dan Perangkat Desa Pandian untuk menciptakan kerukunan dalam lingkungan. (pendim)