16 Siswa MAN 1 Sumenep Rekrutan Kodim 0827 Siap Mengikuti Lomba PBB 2019 Kodam V/Brawijaya

Sumenep – Kodim 0827 Sumenep latih PBB satu team suswa MAN 1 Sumenep berjumlah 16 orang di lapangan Makodimguna mengikuti lomba PBB di tingkat Kodam V/Brawijaya dalam rangka memperingati HUT ke – 74 TNI di tahun 2019. Senin (16/9/19).

Perlombaan digelar pada tanggal 20 September 2019 dan lapangan yang digunakan untuk bertempat di Gor Hayam Wuruk Kodam V/Brawijaya Surabaya.

Kapten Inf Nanang Fadori perwira seksi teritorial Kodim 0827 Sumenep menyampaikan, pihaknya sudah mendaftarkan satu team putra untuk mengikuti lomba PBB tersebut, dari siswa MAN 1 Sumenep berjumlah 15 orang siswa dan satu Danton siswa.

Peserta lomba adalah setingkat SMK/SMA/MAN, kategori lomba PBB meliputi lomba kategori komandan peleton terbaik dan lomba kategori formasi Variasi terbaik.

“Dalam formasi dan variasi dibebaskan untuk mengenakan pakaian yang kreatif dan tidak menyinggung unsur SARA serta formasi yang ditampilkan harus berbentuk dan mengandung unsur PBB dan diperbolehkan menggunakan musik”, ungkapnya menjelaskan.

Serka Sudali Bintara teritorial Kodim selaku pelatih mengatakan, latihan sudah dilaksanakan cukup lama sejak 2 minggu yang lalu, mulai dari latihan dasar dan materi yang di lombakan.

Menurutnya, materi PBB yang dilombakan cukup banyak, diantaranya PBB di tempat meliputi : sikap sempurna, istirahat ditempat (parade), periksa kerapian (Parade), Hormat, setengah lengan lencang kanan dan kiri, lencang kanan dan lencang kiri, hadap serong kanan, hadap kanan, hadap serong kiri, hadap kiri, balik kanan, jalan di tempat, lencang depan.

Kemudian PBB berpindah tempat meliputi : 3 langkah kekanan, 3 langkah kekiri,3 langkah kedepan, 3 langkah kebelakang, melintang kanan/kiri, haluan kanan/kiri.

Dan materi PBB berjalan yang meliputi : langkah biasa ke langkah tegap, langkah tegap ke langkah biasa, belok kanan/kiri, langkah biasa ke langkah lari, langkah lari ke langkah biasa, 2 kali belok kanan/kiri, langkah perlahan, tiap-tiap banjar 2 kali belok kanan/kiri, hormat kanan.

Selain PBB murni diatas ditambah katagori PBB Formasi Variasi dengan kreteria nilai dilihat dari : tingkat kesulitan, kekompakan gerakan, kreativitas gerakan, keindahan gerakan, kesesuaian PBB, semangat pasukan.

“Seorang komandan pleton yang memberikan aba-aba juga dinilai dari sikap, suara, penguasaan aba-aba/materi dan penguasaan lapangan serta tidak kalah pentingnya penggunaan kostum yang dinilai dari keselarasan dengan tema, keindahan kostum, kreativitas kostum,” ungkap Serka Sudali. (Pray/Pendim)