Sosialisasi Mitigasi Bencana Pada Masyarakat, Upaya BPBD Antisipasi Korban Jiwa Pada Bencana Alam

Sumenep – Memanfaatkan kegiatan rutin Car Free Day (CFD), di seputar areal Taman Potre Koneng (Taman Bunga), Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), menggencarkan sosialisasi mitigasi bencana terhadap masyarakat setempat. Minggu, 25/08.

Wakil Bupati (Wabup) Sumenep Achmad Fauzi menjelaskan, pihak BPBD dirasa sangat penting untuk menggencarkan Sosialisasi dan Informasi Mitigasi Bencana kepada masyarakat luas, agar semua masyarakat bisa memahami cara penanganan dalam menghadapi bencana alam.

“Kegiatan ini penting untuk di ikuti semua kalangan, baik orang dewasa maupun anak-anak. Langkah yang sangat tepat, para siswa juga diberikan pemahaman langkah-langkah saat terjadi bencana alam di lingkungannya,” ujarnya.

Pengetahuan mitasi bencana sangat penting dilakukan sebagai upaya mengurangi dampak risiko korban jiwa bencana alam, jika sewaktu-waktu terjadi di Kabupaten Sumenep.

“Semoga dengan kegiatan itu bisa memberikan tambahan pengetahuan bagi masyarakat dan siswa, sehingga bisa mengantisipasi jika terjadi bencana alam,” pungkasnya.

Dan yang tidak kalah penting, Fauzi mengajak segenap masyarakat untuk terus berdoa pada Allah SWT, agar Kabupaten Sumenep selalu terhindar dari bencana alam.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPBD Kabupaten Sumenep, Abd. Rahman Riadi, menambahkan, guna memaksimalkan sosialisasi mitigasi bencana pada masyarakat, pihaknya akan terus menggencarkan kegiatan. Bukan hanya saat CFD saja, akan dilakukan pada setiap kegiatan atau event yang dirasa memungkinkan.

“Sosialisasi juga melibatkan para siswa dari berbagai lembaga pendidikan. Bahkan saat ini banyak permintaan dari pengurus lembaga pendidikan agar dilakukan sosialisasi pada siswa-siswa di sekolahnya,” ujar Rahman.

Terpantau di lokasi, selain Sosialisasi Mitigasi Bencana Pada Masyarakat, pihak BPBD bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Palang Merah Indonesia (PMI), melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial, diantaranya pengobatan gratis dan donor darah. (sik,yas)