Pemantauan Dan Evakuasi Korban Longsor Di Desa Purwajaya

Kutai Kartanegara | suaranasionalnews.co.id  Bencana tanah longsor yang terjadi di desa Purwajaya Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara Kaltim menimbulkan kekhawatiran warga desa adanya longsor susulan yang dapat menimbulkan kerugian materil dan korban jiwa karena masih tingginya curah hujan diwilayah tersebut, Rabu, (6/1/2021).

Dengan adanya musibah tanah longsor akibat penomena alam, Camat Loa Janan Muhaji didampingi Babinsa Koramil 0906-03/Loa Janan Serka Yardin dan Kades Purwajaya’ Kurniawan tinjau dan evakuasi warga terdampak untuk menghindari adanya korban jiwa dan untuk meminimalisir kerugian materil.

Setidaknya ada 6 (enam) rumah warga yang terdampak dan 2 (dua) rumah diantaranya mengalami rusak berat, hal tersebut disampaikan langsung oleh Camat Loa Janan saat peninjauan dilokasi tanah longsor, “Ada 6 rumah warga yang terdampak, 4 rumah mengalami retak dan 2 rumah lainnya mengalami rusak berat”.

Bencana alam yang terjadi di desa Purwajaya bukan hanya tanah longsor bahkan ada beberapa pemukiman warga yang tergenang air akibat tingginya curah hujan dan tingginya debit air sungai Mahakam sehingga membuat air yang ada di aliran anak sungai meluber kepemukiman.

Hal senada disampaikan oleh Serka Yardin yang mengatakan “Penomena alam yang terjadi saat ini banyak menimbulkan permasalahan diantaranya banjir dan tanah longsor yang kini melanda di desa binaannya, dengan adanya penomena alam yang terjadi saat ini setidaknya ada beberapa rumah warga yang ada di desa Purwajaya terdampak banjir dan tanah longsor”, sebutnya.

Dia juga menyebutkan saat ini sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan, desa, BPBD kabupaten Kukar dan relawan untuk memantau serta mengantisipasi adanya musibah susulan guna meminimalisir kerugian-kerugian akibat musibah tersebut. (Kodim 0906/Tgr)