Mengaku Lupa, Kadinkes Sumenep Tak Mampu Tunjukkan Lokasi Rumah Singgah Naungan Dinkes

Sumenep, Jatim – Banyak masyarakat Kabupaten Sumenep, terutamanya dari wilayah kepulauan yang mengeluhkan minimnya informasi terkait keberadaan Rumah Singgah yang dikelola pihak Dinas Kesehatan Kab. Sumenep, Jawa Timur.

Rumah singgah naungan Dinkes tersebut khusus diperuntukkan bagi keluarga pasien rujukan Puskesmas wilayah kepulauan, yang nantinya berfungsi sebagai tempat istirahat selama pasien masih menjalani perawatan di RSUD Dr. H. Moh Anwar Kabupaten Sumenep.

Seperti yang dijelaskan oleh Agus Mulyono, Kepala Dinas Kabupaten Sumenep pada media ini, Dinkes Sumenep telah menyediakan fasilitas rumah singgah bagi keluarga pasien asal kepulauan. Hal tersebut bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan Pemkab pada masyarakat, pihaknya mengontrak rumah milik warga yang berlokasi di sekitar rumah sakit, yang kemudian dialih fungsikan menjadi rumah singgah. Senin 11/11.

“Kita telah siapkan fasilitas rumah singgah bagi 2 orang keluarga pasien yang berasal dari kepulauan, dan bisa ditempati tanpa ada batasan jangka waktu. Namun yang pasti, selama pasien masih dalam perawatan/penanganan rumah sakit. Dan untuk memudahkan akses antara keluarga dengan pasien, maka sengaja untuk lokasi rumah singgah kita tempatkan di sekitar rumah sakit,” ujarnya.

Bukan itu saja, Agus juga menerangkan, selain menyediakan tempat penginapan gratis bagi keluarga pasien, Dinkes Sumenep juga mengalokasikan dana untuk membiayai kebutuhan hidup/konsumsi sehari-hari bagi dua orang keluarga pasien, selama pasien masih dalam perawatan rumah sakit.

“Kita juga menganggarkan kebutuhan konsumsi bagi dua orang keluarga pasien, selama pasien masih di dalam perawatan rumah sakit Sumenep. Itu semua adalah bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten pada warganya yang berada di daerah kepulauan,” pungkasnya.

Namun yang jadi menarik, ketika dicecar pertanyaan terkait lokasi rumah singgah naungan Dinkes, Agus Mulyono kesulitan untuk menjawab secara gamblang. Dirinya mengaku telah lupa untuk lokasi detailnya, hanya menegaskan bahwa lokasi rumah singgah berada di dekat rumah sakit.

“Lokasi detailnya saya lupa, saya hanya satu kali berkunjung ke rumah singgah, itu juga saat kondisi malam hari,” Agus menegaskan. (And)