Gerak Cepat Kadinsos P3A Sumenep Evakuasi ODGJ Terpasung

Sumenep, Jatim| suaranasionalnews.co.id Selama 10 tahun seorang warga Desa Kebunan, Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep dipasung karena mengalami gangguan jiwa, Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) merupakan salah satu kategori Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) karena tidak dapat melaksanakan fungsi sosial, sehingga kebutuhan hidup Jasmani dan Rohaninya tidak dapat terpenuhi secara memadai dan wajar.

Atas dasar itulah, Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Sumenep, Drs. Zulkarnain, MH., terjun langsung ke lapangan ketika mendapat laporan dari masyarakat tentang adanya warga Kabupaten Sumenep yang menderita gangguan jiwa.

Seperti hasil pantauan langsung awak media pada hari ini, Selasa 8 Juni 2022. Dimana Achmad. Zulkarnain, bersama timnya terjun langsung ke Desa Kebunan, Kecamatan Kota Sumenep untuk menjemput langsung Ikram, salah satu warga setempat yang mengalami gangguan jiwa (ODGJ).

Bahkan Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Sumenep yang akrab disapa DZulkarnain ini sangat terkejut dan prihatin melihat kondisi Ikram dengan keadaan terpasung selama 10 tahun lebih.

” Ini kita langsung turun ke lapangan pasca tadi mendapat laporan. Seperti yang kita lihat bersama, kondisi pak Ikram sangat miris sekali, selama 10 tahun lebih dipasung seperti ini,” ujar Zulkarnain, Selasa (8/6) di lokasi.

Mantan Camat Lenteng ini juga menuturkan jika pihaknya akan segera mengirim Ikram ke rumah sakit jiwa (RSJ) di Surabaya agar mendapatkan pengobatan yang lebih maksimal.

” Hari ini kita akan lepas pasungnya. Dan kita akan bawa dulu ke RPS supaya pak Ikram tenang dulu, baru nanti jam 02.00 wib dini hari akan kita kirim ke RSJ Menur Surabaya,” tambahnya.

Ia mengatakan, bahwa pak Ikram butuh perawatan yang lebih intensif dan efektif. Sehingga selama 21 hari ke depan Ikram akan di rawat di RSJ Menur Surabaya.

” Targetnya pak Ikram selama 21 hari akan dirawat di RSJ Menur, dikasih obat, mudah-mudahan diminum teratur obatnya. Sehingga pak Ikram ini bisa sembuh dan bisa kembali ke tengah-tengah keluarganya,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Desa Kebunan melalui Sekdesnya, Ach. Sayadi, mengucapkan banyak terimakasih kepada Dinas Sosial P3A Sumenep yang telah memberikan perhatian khusus kepada Ikram selaku warga setempat.

” Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan banyak terimakasih kepada Dinsos Sumenep yang telah membantu pengobatan warga kami,” kata Sayadi Sekdes Kebunan.

Karena kata Sayadi, selama ini Pemerintah Desa Kebunan hanya bisa membantu pengobatan Ikram di tingkat Puskesmas saja. Karena untuk dilakukan pengobatan ke tingkat yang lebih tinggi ada salah satu keluarganya yang tidak setuju.

” Alhamdulilah berkat Dinas Sosial pak Ikram bisa mendapatkan pengobatan yang lebih maksimal dan pihak keluarganya telah setuju untuk dirawat di RSJ Surabaya,” ucapnya. (Tiem)