Demi Akses Warga, Semenisasi Jalan Licak Kampung Long Hubung dikebut Puluhan Satgas TMMD TNI AD

Samarinda | suaranasionalnews.co.idKegiatan ke 110 TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kampung Long Hubung Kecamatan Long Hubung Kabupaten Mahakam Hulu Kalimantan Timur berlanjut, Senin (22/3/2021)

Perjalanan menuju kawasan Kampung Long Hubung di lokasi TMMD TNI AD bukan hal yang mudah, ditempuh melalui jalur darat.

Jalan akses darat dari kawasan Barong Tongkok Kutai Barat ditempuh sekitar 2, 5 jam menuju Kampung Long Hubung.

Jika ditotal perjalanan ditempuh dari Kota Tpeian menuju Kampung Long Hubung sekitar 12 jam perjalanan.

Berkaitan dengan akses jalan warga pada kegiatan ke 110 TMMD. Sekitar 40 anggota Tim Satgas TMMD ke 110, Kodim 0912 /Kbr ke 110 TNI AD mengerjakan jalan penghubung antara Kecamatan Data Bilang dan Kampung Kecamatan Long Hubung kebetulan lokasinya tepat dekat demplot pertanian juga sedang penyelesaian pembangunan.

Tak menghiraukan cuaca terik puluhan anggota Satgas TMMD 110 TNI AD mengayun cangkulnya.Sementara saat truk menurunkan batu sungai dari aliran anak sungai di Kawasan Kampung Data Bilang prajurit Satgas TMMD bahu membahu mengaduk pasir dengan semen dan batu.Gerobak dorong juga digunakan memindahkan material kekawasan pengecoran jalan.

Kapenrem 091/ASN Mayor Arh Azrul Azis mengungkapkan jalan penghubung antara kampung Long Hubung ke kampung Kecamatan Data Bilang saat hujan kondisinya masi basah sehingga menunda aktifitas masyarakat.

“Dengan pengecoran jalan sepanjang 670 meter, lebar 4 meter, tebal jalan 20centimeter diharapkan semakin memudahkan masyarakat untuk kepeeluan logistik keperluan ibadah dan ekonomi serta lainnya.Selanjutnya akses jalan juga semoga dibangun pemerintah,”tuturnya.

Kapenrem 091/ASN Mayor Arh Azrul Azis melanjutkan, sasaran kegiatan TMMD fisik dan non fisik.

“Saat ini kegiatan fisik yang dilakukan yakni rehab rumah warga mencapai progres 73 persen, rehab gereja 70 persen, Masjid Al Fajar dan rumah takmir kaum masjid 75 persen.Kemudian pembuatan lahan demplot pertanian 78 persen.

Sedangkan sasaran kegiatan TMMD non Fisik, Sosialisasi pencegahan Covid 19, penyuluhan hukim dan Kambtimbas., Penyuluhan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan, Penyulusan KB Kesehatan dan Stunting Balita, Penyuluhan bahaya Narkoba dan HIV AIDS, Penyuluhan Karhutla, dan Sosialisasi Rekrutmen TNI berjalan 100 persen telah dilaksanakan,”ungkap Mayor Arh Azrul Azis.
Adapun sasaran non fisik lainnya yakni Penyuluhan Peran Posyandu dan Posbindu PTM Manula, Penyuluhan Pertanian, Perkebunan dan Perikanan, Penyuluhan Kesehatan Lingkungan, serta Penyuluhan Bahaya Teroris dan Bahaya Radikal, dilakukan Senin (22/3/2021).

Kapenrem 091/ASN dan tim memberikan masker pada warga pengguna jalan menggunakan sepeda motor yang jalurnya sedang dicor .

“Sangat baik TMMD yang dilakukan TNI AD .Kalau bisa tahun depan dilakukan lagi.Jelas jalan yang dicor sangat berarti dan bermanfaat.Karena saya biasanya licak berlumpur licin lewat jalan penghubung Data Bilang-Long Bagun.Semoga TNI makin dicintai rakyat,”kata Abdul Muis warga Long Bagun.

Hal senanda juga disampaikan Fauzi warga Kampung Lutan yang berboncengan naik motor bebek bersama seorang istri dengan anaknya yang masih balita

Saat disapa Kapenrem 091/ASN dan tim satgas TMMD TNI AD menuturkan rela menempuh perjalanan kurang lebih 4 jam dari kampung Lutan tempat tinggalnya.

“Kebetulan saya dan anak habis dari Puskesmas Long Hubung.Setiap hujan atau sehabis hujan lewat jalan penghubung ini, saya cukup kerepotan lewat jalan ini,terimakasih TNI dengan pengecoran jalan,”ucapnya sembari pamit menyeka wajahnya ditengah cuaca terik.(Penrem 091/ASN)