Dandim 0827 Bersama Forkopimda Sumenep Secara Simbolis Tanam Pohon Peneduh Jalan Nasional dan Serah Terimakan Rutilahu 2019 Ke Masyarakat

Sumenep – Kodim 0827 Sumenep gelar acara penyerahan secara simbolis penanaman pohon mahoni guna penanaman kanan – kiri ruas jalan Nasional / Provinsi dan Rutilahu (Rumah Tinggal Layak Huni) tahun 2019 kepada 5 perwakilan warga Sumenep yang mendapat program Rutilahu sebagai kerjasama pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Kodam V/Brawijaya di wilayah Kodim 0827/Sumenep tahun 2019 yang dilaksanakan di Balai Desa Manding Laok Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep. Jum’at (17/01/20).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi, SH, MH, Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Ato Sudiatna, Kapolres Sumenep AKBP Deddy Supriadi, S.I.K, M.I.K, dan Ketua DPRD Kab. Sumenep H. Hamid Ali Munir.

Tampak hadir pula Kajari Sumenep Djamaluddin, SH, M, Ketua Pengadilan Sumenep Ahmad Bukhori, SH., MH, Ketua Persit KCK Cabang XLVI Ny. Imelda Sudiatna bersama anggota persit jajaran, Kasdim 0827 Sumenep Mayor Inf R. Hendro Prapto Mukti, Pada Danramil jajaran dan Forkopimka Manding serta para Perangkat Ds. Manding Laok Kec. Manding.

Dandim 0827 Sumenep Letkol Inf Ato Sudiatna menyampaikan dalam sambutannya, ucapan banyak terimakasih kepada Pemda dan anggota forkopimda Sumenep, masyarakat Sumenep serta semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara tersebut.

Dimana kegiatan penanaman pohon dan Rutilahu merupakan perintah komando atas, Program dari Propinsi Jawa Timur yang bekerjasama dengan Kodam V/Brawijaya.

Menurut Dandim, untuk setiap semester dalam 1 tahun diperintahkan melakskianakan penanaman pohon di ruas kanan kiri jalan Provinsi/Nasional dimana dalam pelaksanaannya kodim 0827 Sumenep bersama Pemerintah daerah, masyarakat dan elemet terkait dengan harapan penghijauan ini menjadi kepentingan bersama yang bada dasarnya merupakan tanggung jawab kita bersama dalam penghijauan mulai penanaman, perawantan dan pelestarian tanaman tersebut.

“Perlu diketahui sejak tahun 2010 Kodam V/Brawijaya bekerjasama dengan Pemprov Jatim dan sudah menanam pohon lebih dari 163 ribu dan tahun ini kita mendapat 2. 620 bibit pohon untuk ditanam di ruas kanan – kiri jalan Propinsi/Nasional di Kab. Sumenep,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Dandim Letkol Inf Ato juga nyampaikan slogan “Jangan menjadi pewaris air mata kepada generasi berikutnya tetapi jadilah pewaris mata air kepada generasi kita”.

Pada Kesempatan itu pula Wakil Bupati Achmad Fauzi, SH. MH menyampaikan dalam sambutannya, penanaman pohon di ruas kanan kiri jalan Provinsi ini merupakan bentuk sinergitas antar instansi.

“Atas nama Pemkab Sumenep menghimbau kepada masyarakat Sumenep bahwa pohon merupakan kehidupan kita bersama dan bukan keindahan semata, maka dari itu harus dijaga dengan benar, tidak ada yang menebang sembarangan karena proses pertumbuhan pohon sangatlah panjang dan pohon banyak manfaatnya baik penghasil oksigen, mencegah banjir yang merupakan ekosistem yang harus kita jaga.” ungkapnya.

Achmad Fauzi juga mendukung dan apresiasi Program Rutilahu yang sudah dilaksanakan Kodim 0827 Sumenep di ahir tahun 2019 dan atas nama masyarakat Sumenep mengucapkan banyak terimakasih kepada Propinsi Jawa Timur dan Kodam V/ Brawijaya atas dukungan dan perhatian kepada Sumenep.

Di akhir Sambutannya Wabub Sumenep menyampaikan pesan Bupati Sumenep yaitu Berharap penanaman pohon harus terus dilaksanakan dan bukan hanya seremonial serta berharap kepada semua pihak bersinergi untuk mewujudkan program Penghijauan dan Rutilahu karena nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Sementara itu Kapten Inf Nanang Fadhori Perwira seksi Teritorial Kodim mengatakan, Tahun ini wilayah Kodim Sumenep mendapat bibit pohon mahoni sebanyak 2.620 pohon yang sudah di tanam di 4 wilayah Kecamatan diantaranya di Kec. Saronggi, , kec. Kota, Kec. Manding dan Kec. Batang Batang yang dilaksanakan serenjak diseluruh satuan jajaran Kodam V/ Brawijaya.

“Dalam pelaksanaanna dipromotori oleh Koramil setempat di wilayah Kecamatan tersebut bersama Forkopincam dan masyarakat,” ungkapnya. (Pend 0827)