Dampingi Gubernur Jatim, Bupati Sumenep Santuni Ratusan Anak Yatim dan Zakat Produktif Bagi Pelaku Usaha Ultra Mikro

Sumenep, Jatim|suaranasionalnews.co.id Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur didampingi oleh Achmad Fauzi, SH. MH, Bupati Sumenep menyerahkan santunan dan paket tas sekolah kepada 500 anak yatim piatu. Selain itu dilakukan pula pembagian zakat produktif kepada 100 pelaku usaha ultra mikro, di Pendopo Keraton Soengenep. Minggu (02/04).

Gubernur Jatim, Khofifah menjelaskan bahwa acara santunan dan pemberian zakat tersebut merupakan agenda tahunan Gubernur Jatim saat Bulan Ramadhan tiba.

“Dana santunan dan zakat besasal dari pemberian para muzakki, yang menitipkan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) melalui Baznas Provinsi Jawa Timur,” ungkapnya.

Diterangkan pula olehnya, pemberian zakat bertujuan untuk membantu para pedagang kecil seperti penjual gorengan, nasi pecel dan yang lain agar tidak terjerat hutang atau rentenir.

“Bantuan ini bertujuan untuk memperkuat permodalan para usaha produktif ultra mikro, sehingga nantinya mereka mampu mengembangkan usahanya dan tidak terjerat hutang dan rentenir,” pungkasnya.

“Dengan adanya bantuan ini, diharapkan usaha mereka bisa makin berkembang dan tidak berurusan dengan rentenir. Sedangkan untuk besaran bantuan atau zakat yang diserahkan Rp 500 ribu,” tambah Khofifah.

Dalam kesempatan itu pula, Bupati Sumenep Achmad Fauzi menyampaikan rasa syukurnya dan banyak terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur yang telah menjadikan Kabupaten Sumenep sebagai lokasi tujuan Safari Ramadhannya dan menyalurkan zakat produktif ultra mikro dan santunan kepada anak yatim yang ada di Kabupaten Sumenep.

“Syukur allhamdulillah, serta banyak terima kasih kepada Gubernur Jatim atas bantuan dan santunan di Sumenep. Semoga melalui zakat yang di salurkan oleh Gubernur Jatim mampu mengangkat ekonomi masyarakat pelaku usaha ultra mikro,” ucap Fauzi.

Bupati Sumenep kembali mengingatkan, para pelaku usaha ultra mikro untuk tidak terjerat hutang kepada rentenir.

“Melalui zakat yang nilainya cukup untuk usaha ultra mikro diharapkan semua pelaku usaha tidak terjerat hutang dan bisa mengembangkan usahanya,” harapnya. (And, Sgp)