Cegah Demam Berdarah, Babinsa Karang Tengah Ikut Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idBabinsa Desa Karang Tengah Koramil 20/Sapudi Kodim 0827/Sumenep Sertu Bambang menghadiri kegiatan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (GERPAS AMUK) secara serentak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep, Rabu 21 Februari 2024.

Sertu Bambang mengikuti kehgiata GERPAS AMUK dalam rangka pencegahan penyakit menular demam berdarah di wilayah Kecamatan Gayam.

Babinsa Sertu Bambang menyampaikan kegiatan itu meliputi menguras tempat-tempat yang sering dijadikan penampungan air. Menutup rapat penampungan air, mendaur ulang, mengumpulkan dan memanfaatkan kembali barang bekas.

“Menabur bubuk larvasida ke dalam tempat penampungan air, menanam tanaman pengusir nyamuk, hal ini dilakukan supaya tidak ada lagi jentik-jentik,” ungkapnya.

Esensi kegiatan gerakan GERPAS AMUK masal ini, ucap dia, adalah gerakan yang dilakukan secara serentak di setiap desa dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Hal itu bertujuan untuk meningkatkan angka bebas jentik (ABJ) sehingga seluruh masyarakat di Kecamatan Gayam terbebas dari penyakit demam berdarah.

“Untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman terhadap kesehatan lingkungan yang merupakan salah satu faktor pencetus meningkatnya kasus demam berdarah,” tambahnya. (Pendim 0827/Sumenep)