Babinsa Bantu Petani Jemur Hingga Giling Rumput Laut

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idMembantu kesulitan rakyat merupakan tanggung jawab Babinsa sebagai aparatur kewilayahan.

Seperti saat ini Babinsa Koramil 0827/21 Raas Serma Dwi Agus Cahyono sambangi warga ke desa binaannya yaitu di Desa Ketupat, Raas, untuk membantu menjemur sekaligus menggiling rumput laut kering menjadi olahan. Jum’at (13/1/2022).

Di Raas sendiri rumput laut merupakan produk unggulan untuk mendongrak perekonomian masyarakat.

Babinsa Serma Dwi Agus Cahyono mengatakan bahwa petani rumput laut di Raas memproses rumput laut itu secara sederhana, yakni memanen, menjemur dan menggilingnya.

“Untuk hasil olahannya itu nantinya akan di jual ke penampung, kadang ya masyarakat sekitar juga membelinya untuk di buat bubur, pengolahannya sendiri sederhana namun butuh waktu yang lama untuk menjemurnya,” ucap Serma Dwi Agus Cahyono.

Pihaknya berujar, budidaya rumput laut di Desa Ketupat dijalankan sepanjang tahun. Namun, warga mengaku bahwa saat terbaik untuk penanaman adalah saat musim timur.

“Pada saat itu, panen bisa lebih besar dan dikeringkan dalam waktu cepat. Kala musim barat, biasanya jumlah hasil panen menurun,” imbuhnya. (Pendim 0827/Sumenep)