Tanggulangi Kemiskinan Ekstrim, Bupati Sumenep Salurkan RTLH dan KIS dan

Sumenep, Jatim| suaranasionalnews.co.id – Entaskan kemiskinan ekstrem di wilayah Kabuapten Sumenep, Bupati Sumenep Achmad Fauzi serahkan bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) terhadap masyarakat kurang mampu yang ada di Desa Pragaan Daya, Kecamatan Pragaan, Selasa (25/01/2022).

“Semoga batuan ini dapat mempercepat program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Sumenep,” kata Bupati Sumenep saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan bantuan pengentasan kemiskinan ekstrim di Desa Pragaan Daya, Kecamatan Pragaan.

Dikatakan oleh Bupati, Pemerintah Kabupaten Sumenep sudah sejak awal berupaya untuk meberantas kemiskinan ekstrem yang ada di Kabupaten Sumenep.
Menurut Bupati, upaya tersebut akan sukses apabila ada kerja sama antara semua pihak sepertihalanya masyarakat Sumenep sendiri.

“Dalam mengatasi Persoalan kemiskinan tidak bisa jika hanya diselesaikan oleh pemerintah daerah, harus ada peran serta masyarakat bawah,” ujarnya.

Maka dari itu, politisi PDIP ini mengajak semua pihak utamanya pemerintah desa untuk bersama-sama mengentaskan persoalan kemiskinan ini.

“Kami berharap kepada semua pihak, utamanya pemerintah desa untuk bersama-sama menyelesaikan persoalan ini, agar penanggulangan kemiskinan ekstrem bisa berjalan dengan baik,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep, Drs. H. Yayak Nurwahyudi, M.Si mengatakan, total bantuan RTLH untuk Kabupaten Sumenep berjumlah 290.

Bantuan RTLH yang bersumber dari program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) itu, tersebar di beberapa desa yang masuk dalam kemiskinan ekstrem seperti di desa-desa yang ada di Kecamatan Arjasa, Batang-Batang, Pragaan, Lenteng dan Kecamatan Sapeken.

“Total ada 290 rumah yang menerima bantuan RTLH, 100 rumah di Pragraan Daya, 100 Rumah di Desa Banaresep Timur dan 90 Rumah di Nyabakan Barat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pragaan Daya, Imrah mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sumenep, utamanya Bupati Sumenep yang telah memberikan bantuan terhadap warganya.
Menurutnya, keberadaan batuan RTLH itu akan berdampak baik terhadap keberlangsungan hidup masyarakat Pragaan Daya.

“Saya selaku Kepala Desa Pragaan Daya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, utamanya Pemerintah Kabupaten. Besar harapan kami bantuan-bantuan seperti ini tidak hanya berhenti sampai disini,” tukasnya. (Tiem)