Pilkades Banasare Jadi ‘Pesta Rakyat’ Yang Nyata Bagi Segenap Warganya

Sumenep, Jatim – Ada yang unik dan sangat menarik pada salah satu pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2019 di Kab Sumenep. Hal tersebut terlihat pada pelaksanaan Pilkades Banasare, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Kamis 07/11.

Dari keterangan Munawar salah satu Panitia Pilkades Serentak di Desa Banasare pada media ini, dalam kegiatan tersebut istilah ‘pesta rakyat’ benar-benar terasakan. Nuansa kekeluargaan, persaudaraan sangat kental terasa dan lebih tepat disebut sebagai tasyakuran daripada Giat Pilkades.

“Pelaksanaan Pilkades Banasare bisa dipastikan berbeda dengan daerah lain, kegiatan disini lebih mirip seperti tasyakuran,” ujarnya.

Pasalnya, dalam Pilkades Banasare kali ini hanya di ikuti oleh dua peserta Cakades, yakni H. Sarbini Mannan dan Hj Martus Nasir, yang notabene masih berstatus suami istri.

Munawar menjelaskan, berlokasi di Lap. Sepak Bola Banasare, dibangun tiga tenda ukuran besar, yang masing-masing berfungsi sebagai : tempat TPS bagi 2480 warga pemilik hak suara, tempat tasyakuran atau hidangan bagi masyarakat Banasare dan sekitarnya, dan yang terakhir sebagai dapur dan tempat peralatan.

“Lapangan sepak bola Banasare disulap menjadi lokasi Pilkades yang meriah. Dibangun 3 tenda ukuran besar guna menampung aktifitas Pilkades dan tasyakuran,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu pula, H. Sarbini Mannan, Cakades Banasare periode 2019-2025 mengungkapkan, pihaknya sengaja menggelar tasyakuran sebagai wujud terima kasihnya pada masyarakat yang masih mempercayakan pada dirinya untuk mengepalai Desa Banasare periode selanjutnya.

“Tasyakuran ini merupakan bentuk saling berbagi pada masyarakat, serta ungkapan terima kasih saya beserta keluarga atas kepercayaan masyarakat pada kami,” pungkas H. Sarbini singkat. (And, Riel)