Panitia Pilkades Parsanga Gelar Tahapan Deklarasi Damai dan Visi Misi Cakades

Sumenep, Jatim| suaranasionalnews.co.id Gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) untuk Desa Parsanga, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep telah sampai pada tahap Deklarasi Damai dan Penyampaian Visi, Misi Calon Kepala Desa (Cakades) Parsanga.

Bertempat di Balai Desa setempat, Deklarasi Damai dan Penyampaian Visi, Misi Cakades Parsanga dihadiri sejumlah pejabat mulai dari Camat Kota, Heru Santoso, S.STP, MH, Koramil, Polsek Kota, Plt. Kepala Desa Parsanga, R. Moh. Noer, S.Sos, Babinsa, Bhabinkamtibmas, BPD, tokoh masyarakat dan perwakilan dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Kamis (01/07/2021).

Ketua Panitia Pilkades Parsanga, Marsuki, S.Pd menerangkan, pihaknya berupaya melaksanakan tahapan Pilkades sesuai peraturan perundang-undangan yang ada serta Peraturan Bupati (Perbup) Sumenep terkait tahapan yang harus dilaksanakan dalam rangka persiapan hingga pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini.

“Kebetulan saat ini masuk pada tahapan deklarasi dan masa kampanye yang pelaksanaannya disatukan dengan Deklarasi Damai dan Penyampaian Visi, Misi Calon Kepala Desa Parsanga,” kata Marsuki.

Menurutnya, melalui Deklarasi Damai dan Penyampaian Visi, Misi para calon kepala desa ini sebagai pembelajaran pada masyarakat apa yang akan disampaikan masing-masing Cakades, sehingga bisa dilihat dan didengar secara langsung.

Dikatakan pula, sehubungan dengan kondisi pandemi yang terjadi saat ini, tahapan Deklarasi Damai dan Penyampaian Visi, Misi Cakades hanya mengundang sebagian masyarakat dan tokoh masyarakat yang ada di desanya. Namun, pihaknya juga memanfaatkan teknologi informasi dengan melakukan siaran live streaming melalui media sosial Instagram (IG), agar masyarakat lainnya juga bisa melihat dan mendengar kegiatan tersebut melalui HP adroid dan sebagainya.

Bahkan, terkait kehadiran para calon kepala desa pada Deklarasi Damai dan Penyampaian Visi, Misi ada salah satu Cakades tidak bisa hadir, pihaknya bersama tim kecamatan dan panitia sehari sebelum pelaksanaan mendatangi para calon dan kebetulan calon nomor urut 4 atas nama Sri Idawati benar-benar sakit dan dibuktikan dengan surat keterangan dokter yang disampaikan kepada panitia Pilkades.

“Namun, meskipun tidak hadir salah satu calon kepala desa tersebut tetap menyampaikan visi misinya secara tertulis yang dibacakan oleh moderator,” tambahnya.

Sementara itu, sesuai hasil penetapan 5 calon kepala Desa Parsanga, yang ditetapkan panitia Pilkades setempat tanggal 22 Juli 2021 lalu, yakni nomor urut 1 (Eka Kurniawan), nomor urut 2 (Hosni), nomor urut 3 (Kusnu), nomor urut 4 (Sri Idawati) dan nomor urut 5 (Mohammad Shalehoddin).

Kelima calon pemimpin Desa Parsanga periode 2021-2026 ini yang bakal terpilih akan ditentukan melalui hasil suara pada Pilkades serentak tanggal 08 Juli 2021 mendatang. (Ren, Red)