DPRD Sumenep Janji Salurkan Aspirasi HMPG ke Pusat

Sumenep – Sekalipun baru dilantik beberapa waktu lalu, para wakil rakyat yang duduk di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sumenep harus siap menyampaikan aspirasi rakyat Sumenep pada Pemerintah.

Hal diatas terlontar pada orasi yang dilakukan oleh puluhan petani garam di Kabupaten Sumenep. Mengatasnamakan sebagai Himpunan Masyarakat Petambak Garam (HMPG) menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep, Jumat (30/8/2019).

Aksi demo tersebut dipicu oleh adanya statemen Jokowi, Presiden RI yang menyatakan kualitas garam di Pulau Madura rendah dan masih bagus kualitas yang dari NTT, statemen tersebut terlontar oleh Presiden saat melakukan kunjungan, peninjauan garam di daerah Nusa Tenggara Timur.

“Kami tidak terima jika dikatakan kualitas garam Madura jelek, melalui para anggota DPRD Kabupaten Sumenep, kami ingin Presiden Jokowi secara terbuka mencabut komentar nya,” tandas

Ada inisiatif jika para anggota dewan tidak menyalurkan aspirasinya, maka masyarakat sendiri yang akan berangkat menemui presiden untuk menyuarakan isi hati.

Ketua DPRD Sumenep, Hamid Ali Munir, langsung menemui peserta aksi dan mengakui kualitas garam yang diproduksi petambak garam Madura terutama di Sumenep memang putih dan bagus.

“Terjadi kesalahpahaman dari statement presiden, saya rasa, kualitas garam kita, khususnya di Sumenep sangat bagus,” tandasnya.

Menurut nya lagi, aspirasi yang dilakukan masyarakat sudah tepat . Dan berjanji akan secepatnya menindak lanjuti dengan mengirimkan surat pada pemerintah pusat.

“Saya mendukung dengan apa yang di lakukan oleh masyarakat. Dalam waktu dekat kami akan layangkan surat pada pemerintah pusat,” tegasnya. (and)