Wujudkan Hanpangan, Babinsa Petung Laksanakan Penyuluhan Kepada Petani Buncis

Penajam | suaranasionalnews.co.idKebersamaan Babinsa dengan petani tidak bisa dipungkiri lagi, seperti halnya yang dilakukan salah satu Babinsa Koramil 0913-01/Penajam Kodim 0913/PPU, Koptu Gampang Priyatno Babinsa Kelurahan Petung bersama dengan petani Kelompok Tani Harapan Baru yakni bapak Umar warga RT 12 Kelurahan Petung berupa penyuluhan cara perawatan holtikultura Jenis Tanaman buncis di kebun miliknya, Senin (14/2/2022).

Guna mensukseskan Program Swasembada pangan di wilayah desa binaanya, seorang Babinsa dituntut harus bisa mendampingi serta mengarahkan petani, agar dapat lebih maju dan sukses dalam bertani.

Dibutuhkan kerjasama antara Babinsa, dinas pertanian dan tentunya petani dalam bercocok tanam, salah satunya dengan perawatan tanaman seperti pengecekan dan membersihkan rumput di sekitar kebun sayuran.

Tujuan Babinsa melaksanakan pendampingan petani agar petani dapat meningkatkan mutu serta hasil panen yang nantinya dapat menunjang perekonomian petani.

Babinsa menjelaskan,”Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk Ketahanan pangan ditengah masa pandemi Covid-19, Babinsa tidak henti-hentinya menghimbaukan ke petani yang ada di kelurahan Petung agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan cara mentaati 3m,”Jelas Gampang.

Dandim 0913/PPU Letkol Inf Dharmawan melalui Danramil Penajam Kapten Inf Aluy mengatakan, dari hasil budidaya sayuran tersebut petani binaan Babinsa bisa mendapat tambahan Ekonomi.

“Babinsa dalam hal ini sifatnya hanya membantu dan mendorong semangat petani untuk bergerak memanfaatkan sarana pertanian yang ada sehingga pertanian lebih produktif, guna menunjang peningkatan ekonomi,” tutupnya. (Kodim 0913/PPU)