Upacara hari Pahlawan di Kodim 0827 Sumenep, Kasdim bertindak sebagai Irup

 

Sumenep – Kasdim 0827 Sumenep Mayor Inf R. Hendro Prapto Mukti bertindak sebagai Irup pada Upacara memperingati hari Pahlawan ke – 74 th 2019 di lapangan Makodim 0827 Jln. Kesatrian No. 1 Kel. Pajagalan Kec. Kota Kab. Sumenep. Minggu (10/11/19).

Pejabat upacara lainnya, Komandan upacara Kapten Arh Sapto Waluyo Danramil 0827/07 Guluk-Guluk, Perwira upacara Kapten Inf Imam Fitri Harto Pasipers Kodim 0827/Sumenep dan diikuti Para Perwira dan anggota Koramil jajaran dan PNS.

Pada upacara ini selain ada Pembacaan Teks Pancasila dan Pembacaan pembukaan UUD 1945, ada juga pembacaan pesan – pesan para pahlawan dan do’a serta pembacaan amanat Menteri Sosial RI oleh Inspektur Upacara.

 

Pada upacara memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019 dalam amanat mentri sosial Juliari P. Batubara yang dibacakan Mayor Inf Hendro, salah satunya pada setiap hari Pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surbaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

“Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia”, ungkapnya dalam amanat.

Lanjut amanat tersebut, peristiwa perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

“Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuh kembangkan di dalam hati sanubari segenap insan warga Negara Indonesia”, lanjut Mayor Hendro.

Ingat pesan Bung Karno yang menyatakan bahwa “bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa Para Pahlawannya”.

Di hari Pahlawan tahun 2019 ini mari kita bersama bangkitkan semangat berinovasi bagi anak – anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini yang dapat diakukan siapapun sebagai warga negara Indonesia.

“Dengan aksi – aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti tolong menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain tetapi menjadi pejuang masa kini yang suka berbagi dan bermoral mulia”, papar Mayor Hendro dalam amanat upacara. (Pendim 0827)