TNI – Polri Latih Kedisiplinan Puluhan Paskibraka Parepare

Parepare, Sulawesi Selatan

Pemerintah Kota Parepare melalui Kantor Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) menggelar pelatihan dan pendidikan puluhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Upacara pembukaan pelatihan dilaksanakan di Alun-Alun kota kawasan Monumen cinta Ainun-Habibie. Selasa (16/7/2019).

Upacara dipimpin langsung Plt. Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Amarun Agung Hamka yang juga pembina Paskibraka Parepare.

Dia mengatakan, pelatihan dan pendidikan ini untuk menumbuhkan rasa tanggungjawab para peserta Paskibraka.

“Juga untuk meningkatkan kualitas kedisiplinan dan totalitas mereka. Mereka semua adalah calon pemimpin bangsa,” terang Hamka.

Pelatihan dan pendidikan tersebut, kata dia, dilakukan selama 24 hari. Hamka mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak sekolah para peserta Paskibraka, agar selama dalam pendidikan dapat lebih fokus.

“Kami dari Disporapar telah berkoordinasi dengan pihak sekolah masing-masing peserta agar selama pendidikan dapat lebih fokus,” ucap dia.

Kepada sejumlah pelatih yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Hamka menitipkan anak Paskibraka binaannya itu. Dia juga berharap pelatihan dan pendidikan ini membuahkan hasil sesuai harapan.

“Harapan kami bagaimana dalam pengibaran bendera merah putih nanti berjalan sukses tanpa kendala.Ya, tentu sesuai dengan harapan kami semua,” harap mantan Kabag Humas Pemkot Parepare ini.

Koordinator pelatih Lettu. Czi Zainuddin mengatakan, lebih memfokuskan pada pelatihan gerakan, baris berbaris, mental, dan kedisiplinan. Dia juga memotivasi para peserta Paskibraka.

Sebanyak 74 peserta Paskibraka menjadi binaan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Parepare. Itu terdiri dari 35 putra dan 35 putri. 4 diantaranya dipilih menjadi calon Paskibraka tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. (Fajar Udin)