Tingkatkan Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 05 Lenteng Ikut Memupuk Tanaman Jagung

Sumenep, Jatim | suaranasionalnews.co.idBerbagai bentuk upaya untuk peningkatan ketahanan pangan dilakukan oleh jajaran TNI.

Yaitu Babinsa jajaran Koramil 05 Lenteng Kodim 0827/Sumenep.

Para jajaran membantu para petani melakukan pemupukan tanaman jagung di Desa Binaan masing-masing.

Diantaranya pemupukan lahan milik ibu Hanina petani asal desa Ellak Laok yang di dampingi Serka Syaiful, selanjutnya lahan milik bapak Sadumo di desa Banaresep Timur didampingi Babinsa Sertu Huda dan lahan milik bapak Adnan asal desa Lenteng Barat yang di dampingi Serda Imam Syafi’i.

Salah satu Babinsa Koramil 0827/05 Lenteng Serka Syaiful mengatakan, pemupukan tanaman jagung tersebut dalam rangka peningkatan ketahanan pangan di wilayah Kodim 0827/Sumenep.

Dimana pemupukan pertama yang dilakukan pada saat 14 hari setelah tanam (HST), setelah itu lakukan pemupukan kedua dilakukan sebelum 40 HST.

“Pemupukan tanaman jagung yang di tebarkan hari ini menggunakan pupuk NPK Phonska dan urea dicampur sesuai takaran untuk mengoptimalkan pertumbuhan jagung serta kualitas buah jagung yang maksimal,” ujarnya. Minggu (4/12/2022).

Lanjutnya “Satu genggaman tangan campuran pupuk NPK Phonska dan pupuk urea bisa ditaburkan untuk dua sampai tiga batang tanaman jagung,” imbuh Serka Syaiful.

Menurutnya, pendampingan para Babinsa dalam pemupukan jagung bertujuan untuk mengoptimalkan lahan dalam meningkatkan ketahanan pangan, guna mendukung peningkatan ekonomi bagi warga binaan di desa.

Hanina, anggota Poktan asal Desa Ellak Laok, mengapresiasi atas kinerja TNI dalam membantu pemupukan jagung petani.

“Kami bersama Poktan yang lain mengucapkan terima kasih serta bangga dan senang dengan keberadaan Babinsa yang setia mendampingi serta memberikan inovasi semangat dibidang pertanian, khususnya komoditi jagung,” ucapnya.

“Semoga Babinsa selalu sukses dan mampu menjalankan tugas serta tanggung jawab setiap hari,” ungkap Hanina. (Pendim 0827/Sumenep)