Terjadi Laka Laut Kapal Tenggelam KMP Yunice Di Selat Bali

Banyuwangi, Jatim | suaranasionalnews.co.id  – Telah terjadi Laka Laut kapal tenggelam KMP Yunice milik PT. Surya Timur Lines (STL) dengan Nahkoda Sdr. Indra Saputra dengan 13 ABK dan 41 penumpang serta 3 penumpang tidak terdaftar di manifest sehingga total sementara 57 penumpang Pada hari Selasa tanggal 29 Juni 2021 pukul 21. 05. WITA bertempat di Perairan Selat Bali dekat Suar Merah Gilimanuk tepatnya di belakang PLN Kabel had Gilimanuk.

Dalam insiden tersebut diketahui Kronologi kejadian sebagai berikut,
1. Pukul 17.30 WIB, KMP Yunice berangkat dari pelabuhan Ketapang  Banyuwangi dari Dermaga MP 1 menuju pelabuhan Gilimanuk Bali.
2. Pukul 20.00 WITA, KMP Yunice milik PT. Surya Timur Lines (STL) tenggelam di posisi perairan dekat Suar Merah Gilimanuk tepatnya di belakang PLN Kabel had Gilimanuk Bali.
3. Pukul 20.05 WITA, Tim SAR dan Posal gilimanuk melaksanakan penyelamatan dan pencarian korban serta mengevakuasi para korban ke Dermaga Gilimanuk Bali.
4. Pukul 21.00 WIB, Pelaksanaan evakuasi korban dari perairan Selat Bali menuju Pelabuhan PT. ASDP Ferry Ketapang Kab. Banyuwangi masih berlangsung.

Berangkat dari pelabuhan ketapang Banyuwangi menuju pelabuhan gilimanuk Bali berangkat pada pukul 17.30 WIB dengan Manifes KMP Yunice, dengan 16 CREW KAPAL, 41 penumpang, ditambah 3 penumpang tidak masuk manifes, dan muat kendaraan Pick Up : 17 unit, Kendaran Kecil : 2 unit, Truk Sedang : 18 unit, Spm : 3 unit.

Adapun sementara korban yang telah dievakuasi, dilarikan ke RSUD Blambangan Banyuwangi sementara sebanyak 7 orang (4 Patah tulang, 3 sesak), dan di yang dilarikan ke Puskesmas Gilimanuk Bali sebanyak 9 orang (6 meninggal dunia, dan 3 masih perawatan).

Diketahui sementara penyebabnya antara lain sebagai berikut,
1. Tenggelamnya KMP Yunice milik PT. Surya Timur Lines (STL) dugaan sementara akibat mesin black out dan arus yang besar sehingga kapal menjadi miring kemudian tenggelam dan terseret ke arah selatan Pelabuhan Gilimanuk sekitar 3 Km.
2. Saat ini masih dilaksanakan pencarian korban dan evakuasi korban di Pelabuhan ASDP Ketapang Kab. Banyuwangi dan posko pencarian dipusatkan di Kab. Banyuwangi.
3. Dimungkinkan adanya perbedaan data antara manifes penumpang dengan data korban.
4. Sampai saat ini tim Sar masih melaksanakan Pencarian korban. (Hry, Petaka)