Talkshow Sosialisasi Literasi Keuangan, Cara BPRS Bhakti Sumekar Edukasi Keuangan ke Masyarakat Sumenep

Sumenep, Jatim|suaranasionalnews.co.id – Guna memberikan edukasi, pemahaman keuangan pada masyarakat, Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar, menggelar talkshow sosialisasi literasi keuangan bersama mitra kerjanya yaitu Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Kamis, 23/02/2023.

Dalam kegiatan tersebut hadir Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sumenep Agus Mulyono dan Sekretaris Daerah Edy Rasiyadi serta segenap Kepala Puskesmas yang ada di Kabupaten Sumenep.

“Bank BPRS Bhakti Sumekar selaku industri jasa keuangan punya kewajiban melakukan edukasi keuangan melalui program literasi keuangan itu,” ujarnya.

Bank BPRS Bhakti Sumekar bekerjasama dengan Puskesmas Kabupaten Sumenep dalam penyaluran jasa pelayanan (Jaspel) pada tenaga kesehatan di masing-masing Puskesmas. Baik itu di kantor pusat dan kantor cabang.

 

“Karena kita (Bank BPRS Bhakti Sumekar) punya jaringan kantor hampir di seluruh kantor Puskesmas baik di daratan dan kepulauan kabupaten Sumenep,” terangnya.

Lebih lanjut Direktur Utama Bank BPRS Bhakti Sumenep mengutarakan, talkshow sosialisasi literasi keuangan yang diselenggarakan itu bagaimana mengedukasi antara literasi dan inklusi itu seimbang. Karena, tingkat survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenai literasi dan inklusi itu terjadi gap.

“Bahasa gampangnya literasi itu kan pemahaman kalau inklusi itu penggunaan. Jadi memang tingkat penggunaannya lebih tinggi dari pada pemahamannya. Harapannya adalah harus berimbang. Kenapa? karena penggunaan lembaga keuangan itu betul-betul dipahami,” papar Hairil Fajar.

Karena instrumen keuangan ini tidak hanya sekedar dipakai, harus pilih-pilih dan benar-benar selektif dalam memilih. Sehingga melalui talkshow sosialisasi program literasi keuangan Bank BPRS Bhakti Sumekar hadir sebagai solusi cerdas yang mengedukasi.

“Harapannya betul-betul mengelola keuangan itu dengan cerdas,” harap Hairil Fajar Direktur Utama Bank BPRS Bhakti Sumekar satu-satunya industri perbankan kebanggaan masyarakat kabupaten Sumenep. (And, Yas)