Sukseskan Swasembada Pangan, Babinsa Koramil 0827/16 Gapura Turun Bantu Basmi Gulma

Sumenep – Dalam rangka menyukseskan swasembada pangan nasional yang diprogramkan oleh pemerintah, Babinsa Koramil 0827/16 Gapura Kopda Lukman H melaksanakan pendampingan membantu mencabut rumput padi di sawah Ibu Hamidah di Desa Panangan Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep, Senin (17/02/2020).

Pada kesempatan tersebut Kopda Lukmanul H mengatakan gulma pada tanaman padi ini biasanya berbentuk rumput yang menyerupai padi, atau sering disebut ”Jawan padi,” dan Gulma pada tanaman padi harus segera ditanggulangi agar pertumbuhan tanaman bisa berjalan dengan baik dan apabila di biarkan maka padi yang ditanam akan lambat perkembangnya,” ungkapnya.

Kopda Lukmanul H juga memberi pemahaman kepada para petani bahwa untuk merawat agar padi yang kita tanam hidup dan tumbuh subur sampai panen dengan hasil yang baik, maka harus memperhatikan beberapa faktor salah satunya rumput yang menganggu tumbuh kembang padi dan kita harus rajin mencabut rumput supaya tidak menganggu pertumbuhan padi yang suda kita tanam sehingga padi tumbuh subur dan hasil panen meningkat nantinya,” tuturnya.

Iya juga menjelaskan, gulma adalah salah satu kendala utama dan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen.

“Gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya,” jelasnya.

Ibu Hamidah pemilik lahan sawah yang mendapat bantuan pendampingan pembersihan rumput di Sela Sela tanaman padi oleh Babinsa mengucapkan banyak terima kasih. “Berkat pak Babinsa membantu di sawah saya, kegiatan bisa terbantu sehingga kebersihan dari tanaman penggangu (gulma) bisa tercapai,”ujarnya. (Pendim 0827)