Sukses, WCD Parepare Dihadiri Ribuan Peserta Hingga Kumpulkan 3 Ton Sampah Plastik

Parepare – Ribuan peserta mengikuti kegiatan aksi sosial World Cleanup Day (WCD) 2019. Kegiatan berlangsung pada dua titik yaitu Taman Mattirotasi Parepare dan Pantai Cempae, Sabtu (21/9/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh KNPI dan RBCD. Kapolres Parepare AKBP Pria Budi yang hadir melepas peserta WCD itu turut mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Semoga nantinya, kita bisa membiasakan diri berperilaku hidup sehat dan peduli dengan kebersihan lingkungan sampah, utamanya sampah plastik,” katanya.

Kegiatan itu dimulai pukul 07.00 dengan senam pagi bersama, menuju lokasi memungut sampah, pemilahan sampah, doa untuk BJ Habibie, dan pembagian Door prize dan hadiah.

Tak hanya itu, panitia juga menyiapkan peserta photo booth untuk berswafoto disela-sela acara itu.

Ketua KNPI Parepare Asy’ari Abdullah mengatakan kegiatan itu merupakan aksi sosial bersih-bersih sampah plastik yang serentak di 158 negara. Katanya, sampah yang dikumpulkan akan dipilah sampah nonplastik dan plastik.

” Untuk menyemarakkan kegiatan ini, kami menyiapkan hadiah untuk peserta dari komunitas yang mengumpulkan sampah plastik terberat,” ucap Asy’ari.

Asy’ari juga mengungkapkan jumlah peserta yang hadir sekitar 1025 orang yang tergabung dalam 72 komunitas.

“Belum termasuk peserta yang datang perseorangan. Kami juga berhasil mengumpulkan sekitar 3 ton sampah plastik,” ungkapnya.

Hal senada yang disampaikan direktur Rumah Belajar Cinta Damai (RBCD) mengucapkan terimakasih atas seluruh pihak yang ikut berpartisipasi menyukseskan kegiatan tersebut.

“Saya tidak menyangka kegiatan ini berlangsung sangat meriah dan dihadiri banyak peserta juga didukung beberapa tokoh masyarakat, semoga apa yang kita lakukan menjadi amal ibadah,” ucapnya.

Turut hadir pada acara itu, Ketua DPRD sementara, Kaharuddin Kadir, Ketua Laskar Merah Putih, Syamsul Latanro, Ketua Forum Pengembangan Ajatappareng (FPA) Abraham Andi Umar, Dandim 1405 Mallusetasi, dan Kapolres Parepare, AKBP Pria Budi.

Acara itu didukung oleh BNI, Forum Pengembang Ajatappareng (FPA), PMI, Laskar Merah Putih, Pelangi Production, dan PT Mario Bakti Nusantara. (Fajar Udin)