Satlantas Polres Pamekasan Giatkan Operasi Zebra Semeru 2020

Pamekasan, Jatim | suaranasionalnews.co.idOperasi Zebra Semeru 2020 diselenggarakan 14 hari mulai hari ini Senin tgl 26 Okt sampai 8 November 2020. Tiga jenis pelanggaran yang menjadi sasaran utama pada operasi ini sbb:
1. tidak menggunakan helm saat berkendara sepeda motor.
2. pengendara masih dibawah umur 17 thn.
3. melawan arus.

Namun Jenis pelanggaran lainnya juga menjadi sasaran penindakan. Terutama bentuk pelanggaran yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.
12 pelanggaran lalu lintas yg menjadi prioritas.

Di masa pandemi ini, maka Operasi Zebra kali ini juga akan menindak dan mendisiplinkan pelanggar yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Jadi Operasi Zebra ini bersama-sama menertibkan Operasi Kesehatan.

Konsep operasi ini adalah penindakan hukum / represif : 20 persen, (patroli dan penjagaan) preventif : 40 persen, dan edukasi/preemtif : 40 persen.

Jadi kegiatan dalam operasi ini adalah mengedepankan kegiatan Dikmas lantas (pendidikan masyarakat) ke sekolah, bagi brosur dan himbauan spanduk/benner di lokasi jalur rawan laka dan lokasi wisata guna mengantisipasi libur panjang/cuti bersama dlm minggu ini.

Operasi Zebra ini digelar tujuannya agar masyarakat disiplin mematuhi aturan lalu lintas sekaligus menjaga protokol kesehatan. Dan terciptanya keselamatan dan kelancaran lalu lintas di pmekasan.

Harapan dalam Operasi Zebra Semeru 2020, adalah masyarakat dapat mempersiapkan diri mematuhi peraturan lalu lintas dan menjaga keselamatan pribadi dan orang lain. (Yunk)