Pererat Dengan Warga Binaan Serta Tingkatkan Hanpangan, Babinsa Koramil Penajam Komsos Dengan Petani Jahe Merah

Penajam | suaranasionalnews.co.id Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan ditengah situasi pandemi virus Covid-19 yang sedang melanda sekarang ini,serta dalam upaya mempererat talisilahturahmi dengan warga binaannya.

Salah satu contoh apa yang dilakukan oleh Serda Heri Koramil 0913-01/Penajam Kodim 0913/PPU Babinsa Kelurahan Tanjung Tengah Kecamatan Penajam dengan melaksanakan komsos dengan Sugiyono (39) warga RT 09 Jl Pondo Kessi yang sedang menanam Jahe merah. Senin (22/3/2021)

Dalam kesempatan tersebut Serda Heri melalui kegiatan Komsos menyampaikan penanaman jahe merupakan langka tempat untuk meningkatkan ekonomi makmur, karena selain harganya termasuk kategori cukup mahal jahe juga bahan rempah yang sangat dibutuhkan ditengah masyarakat

“ini adalah pilihan yang tepat bercocok tanam dengan tumbuhan jahe merah harganya mahal juga dibutuhkan ditengah masyarakat,” kata Babinsa.
Lanjutnya, Heri juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Kelurahan Tanjung Tengah dapat memanfaatkan lahan kosong yang ada disekeliling tempat tinggal dengan menanam jehe, “harapnya.

Sementara itu, Sugiyono pekerja lahan Jahe merah menyampaikan bahwa lahan yang di garap tersebut merupakan milik Anton Mulyadi yang sekarang tinggal di Balikpapan mengucapkan terimakasih kepada Babinsa yang telah memberikan saran serta masukan terkait pengelolahan tanaman Jahe yang efektif.

“Sebelum ditanam bibit jahe merah terlebih dahulu disemai sampai tumbuh tunas dengan ukuran lebih kurang 10 cm sampai 20 cm, tahap selanjutnya baru kita pindahkan ke media yang sudah disiapkan untuk penanaman
perawatan tanaman jahe merah ini sangat mudah yaitu dengan penyiangan rumput, penggemburan tanah, dan pemupukan Secara periodik. sampai berumur 6/8 bulan dan tanaman Jahe merah siap di Panen,”jelas Sugiyono. (Dim 0913/PPU)