Perdalam Wawasan dan Pengetahuan Pramuka Saka Wira Kartika Binaan Kodim 0913/PPU

Penajam | suaranasionalnews.co.id Saka Wira Kartika Binaan Kodim 0913/PPU yang berjumlah 30 orang melaksanakan kegiatan pembinaan dari senior, kakak-kakak Pamong Saka serta Wakil Mabisaka dengan tema,”Mewujudkan Binter TNI AD Yang Adaptif Melalui Pembekalan Pramuka Saka Wira Kartika Guna Membentuk Generasi Muda Yang Berkarakter Dan Berwawasan Kebangsaan,” yang bertempat di Makodim 0913/PPU selama 2 hari. Minggu (27/6/2021).

Serka Siroto selaku Pamong Saka menyampaikan, “ini adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat, Saka Wira Kartika Binaan Kodim 0913/PPU memiliki Program Pendidikan yang dibentuk dalam Satuan Krida, antara lain sebagai berikut, Navigasi Darat, Krida Pionering, Krida Mountainering dan Krida Survival  serta Krida Penanggulangan Bencana ,”tegasnya.

“Satuan Karya Pramuka Wira Kartika juga memiliki sejumlah kegiatan antara lain, latihan rutin Saka Wira Kartika, Perkemahan Bakti Wira Kartika, Perkemahan antar Satuan Karya dan kegiatan khusus untuk kepentingan tertentu, misalnya persiapan lomba, ulang tahun Saka Wira Kartika, Hari Pramuka dan lain-lain,”ujarnya.

Untuk mendapatkan berbagai pengetahuan dan keterampilan, anggota Saka Wira Kartika harus belajar dan berlatih serta memiliki sikap dan perilaku sesuai Kode Kehormatan Gerakan Pramuka.

Di samping itu Saka Wira Kartika juga melaksanakan kegiatan yang mencakupi, wawasan kebangsaan, keterampilan khusus matra darat, penyuluhan kepada masyarakat khususnya kaum muda tentang Pendidikan Pendahuluan Bela Negara dalam rangka mempertahankan persatuan dan kesatuan serta tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Di tempat terpisah Dandim 0913/ PPU Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho sekaligus merangkap sebagai Kamabisaka menambahkan, “Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika merupakan Program Kerja TNI AD Bidang Teritorial yang bertujuan membina generasi muda agar mempunyai kegiatan positif sehingga dapat terhindar dari kegiatan negatif serta dapat membentuk patriot bangsa yang setia, berbhakti dan menjujung tinggi nilai luhur keutuhan bangsa dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa,Kata Dandim. (Dim 0913/PPU)