Pendampingan Babinsa 0827/05 Lenteng Guna Meningkatkan Hasil Panen Padi Sawah

Sumenep -Tanaman Padi merupakan jenis tanaman pangan penghasil beras sebagai makanan pokok khususnya di Indonesia. Tanaman padi merupakan tanaman terpenting ke-5 (lima) setelah jagung.

Panen Padi merupakan kegiatan akhir yang ditunggu setiap petani yang dibutuhkan pada permulaan dilakukan penanganan pascapenen, bertujuan mendapatkan hasil gabah pada tingkat kematangan optimal,mencegah kerusakan  dan kehilangan hasil seminimal mungkin.

Babinsa Koramil 0827/05 Lenteng Koptu Imam Hadi sebagai prajurit teritorial semangat dalam pendampingan pada para petani, salah satunya melaksanakan pemantauan tanaman padi sawah milik ibu Jumariah dusun Kebun Desa Tarogan Kec. Lenteng Kab. Sumenep, Selasa (9/7/19).

Koptu Imam Hadi mengatakan,tanaman padi sangat penting dalam penunjang kebutuhan hidup sehari-hari dan perekonomian petani dalam mencapai kesejahteraan hidup.

“Dalam usaha untuk peningkatan hasil panen padi sawah sangat penting dalam tahapan dan cara dalam bertani padi, contohnya kita harus betul-betul perhatikan dalam pengunaan benih yang bermutu, kemudian penentuan jarak tanam padi (sistem tanam), pemeliharaan tanaman mulai pemupukan,pengendalian hama dan penanganann pascapanen yang baik,” ungkapnya.

Hal itulah yang selalu disampaikan Babinsa pada Para petani di desa Binaannya, karena sangat penting untuk mendukung keberhasilan hasil panen padi.

Babinsa Imam Hadi juga menambahkan, pantauan kami Babinsa pada para petani semata mata dilakukan guna memberi motifasi dan semangat para warga dalam bertani padi guna memperoleh hasil panen yang lebih baik dan memperoleh finansial yang lebih.

Ibu Jumariah petani yang didatangi Babinsa Imam mengatakan, kehadiran Babinsa pada petani seperti saya ini saangat bermanfaat, terlebih langsung mendatangi kami di sawah bahkan Babinsa tidak canggung turun langsung untu mengerjakan di sawah guna membantu dan memberi semangat kami.

“Selain membantu dalam perawatan padi tetapi Babinsa mendampingi kami mulai dari penyiapan lahan, bibit perawatan hingga panen,” ungkapnya penuh gembira.

Kapten Chb Ardi Sumarja Danramil 05 Lenteng menyampaikan, pendampingan para Babinsa pada petani warga binaan merupakan tugas tambahan yang diberikan untuk mrmbantu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian dan hasil pangan berula padi, jagung dan kedelai ( Pajale ) dan tanaman lain yang bermutu yang dapat berkembang sesuai kondisi wilayah.

“Peningkatan hasil panen yang memuaskan merupakan harapan semua petani dan itulah salah satu usaha Babinsa guna mensejahterakan masyarakat melalui pertanian, dengan pendampingan, motifasi dan teladan yang baik dan benar di lapangan,” tutup Kapten Ardi.(yud1, pendim)¬†