Pencak Silat Garuda Putih Melayu Lampung Turut Meriahkan Harlah 1 Abad NU

Tubaba | suaranasionalnews.co.idPencak Silat Garuda Putih (PSGP) Melayu Lampung, kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) yang lebih dikenal dengan pencak silat Lampung, dibawah guru besar (gubes) Aripin dan pelatihnya Sahmin serta Nawang Kurniawan, turut hadir dan meriahkan harlah 1 abad Nahdatul Ulama (NU), pada Sabtu, 11/03/2023.

Ratusan peserta PSGP dari berbagai daerah itu terdiri dari laki- laki dan perempuan. Peserta yang siap berlaga dengan mempertunjukan berbagai atraksinya itu, nampak hadir di lapangan Pulung Kencana, kecamatan Tulang Bawang Tengah, kabupaten setempat.

Peserta PSGP dengan membawa kibaran bendera NU dan bendera PSGP berwarna kuning berlogokan burung garuda putih dalam lingkaran berwarna merah putih.

Nampak pula dengan percaya dirinya dan penuh semangat peserta didik yang dilatih Sahmin, yang dibawah guru besarnya Aripin itu menunjukan gerakan- gerakan yang cukup mencuri perhatian para dewan juri.

Guru besar Pencak Silat Garuda Putih (PSGP) Aripin, saat dikonfirmasi awak media di lokasi mengatakan ada lima atraksi yang dipertunjukan dalam kegiatan keikutsertaan PSGP memeriahkan harlah 1 abad NU.

“Ada lima atraksi yang kita tampilkan dalam pertunjukan kali ini yaitu ganda tangan kosong dan golok yg ditampilkan anak Sekolah Dasar (SD), tampilan ganda pisau 2 atau pisau kembar/ pedang kembar, keroyokan ataupun kepungan 3 1 dengan 1 perempuan ditengah 3 laki- laki, atraksi yg dimainkan guling duri salak, dan pukul tebu “Ungkapnya.

Masih dilokasi peserta PSGP, Ahmad Ridwansyah mengungkapkan kegembiraanya dapat mengikuti event yang cukup meriah itu dalam rangka harlah 1 abad NU. Dirinya bersama teman- teman yang lainnya telah melakukan berbagai persiapan sebelum gelaran acara dimulai dengan rutin melakukan latihan.

“Kami sudah melakukan latihan rutin sebelum mengikuti gelaran acara ini, kami semua semangat dan sangat senang dengan adanya event seperti ini “Ujar Ahmad. (fer/can)