Operasi Lilin 2019, Perayaan Nataru di Kota Parepare Aman dan Lancar

Parepare | suaranasionalnews.co.id.Oprasi Lilin yang digelar oleh Aparat Kepolisian berhasil menurunkan tingkat aksi kriminalitas jelang natal dan pergantian tahun di kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Hal itu diungkapkan Kapolres Parepare AKBP Budi Susanto,S.iK Melalui Kabag Ops, Mapolres Parepare, Kompol Darwis, (1/01/2020).

“Alhamdulillah, oprasi yang kami gelar berjalan aman lancar tanpa kendala. Hingga perayaan natal dan tahun baru tadi malam kota Parepare kondusif,” ucap Darwis.

Dia mengatakan, operasi itu dimulai sejak 23 Desember 2019 lalu secara nasional. Sejumlah posko dibuka untuk memberikan layanan dan keamanan terhadap masyarakat.

“Kita buka posko-posko keamanan di wilayah dan titik tertentu, termasuk di rumah ibadah atau Gereja. Kita intens mengecek kesiapan petugas gabungan selama dalam oprasi,” kata Darwis.

Dia menjelaskan, Oprasi Lilin 2019 melibatkan sejumlah instansi, termasuk Pemerintah kota Parepare sendiri.

“Jadi, operasi lilin terpusat ini melibatkan sejumlah elemen masyarakat dan Forkopimda,” terang Darwis.

Adapun personel kepolisian yang diturunkan, kata dia, sebanyak 336. Pasukan dari Brimob Batalyon B Pelopor berjumlah 30 Anggota, dan TNI 30 orang.

“Kita juga libatkan personel Satpol PP, Dinas Perhubungan dan instansi lain. Jumlah keseluruhan sebanyak 525. Kita sinergi memberikan keamanan terhadap masyarakat,” ungkap Kompol Darwis.

Darwis menambahkan, pihaknya berterimakasih kepada pemerintah daerah yang sejauh ini telah memberikan dukungan, sehingga dalam menjaga keamanan di wilayah hukum Polres Parepare berjalan dengan baik. (Fajar Udin)