Olahraga Bagian dari Kota Industri Tanpa Cerobong Asap, Wali Kota: KONI Parepare Jangan Permalukan Saya

Parepare — Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe menitip pesan kepada pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Parepare periode 2018-2022, yang baru dilantik untuk tidak mempermalukan dirinya.

Itu karena olahraga menjadi salah satu andalan Parepare untuk mewujudkan Kota Industri Tanpa Cerobong Asap.

“Olahraga bagian dari kepariwisataan. Pariwisata adalah pilar ketiga dari Kota Industri Tanpa Cerobong Asap. Itulah yang akan kita hidupkan,” ingat Wali Kota Taufan Pawe dalam pelantikan pengurus KONI Parepare di Barugae Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, Selasa, 20 Agustus 2019.

Di hadapan ratusan undangan Taufan Pawe mengemukakan impiannya memajukan olahraga dan mendongkrak pariwisata.

“Di Tonrangeng Riverside, yang menjadi jalur masuk RS Hasri Ainun Habibie, akan ada wisata bahari. Lomba dayung malam hari. Kemudian Stadion Gelora Mandiri kita proyeksikan menjadi Sport City. Klub sepakbola ternama bisa menjadikannya homebase. Jadi pengurus KONI yang baru jangan permalukan saya. Mari bersama wujudkan itu,” pinta Taufan.

Taufan juga mengungkapkan, belum lama ini di kegiatan APEKSI, dia bertemu Wali Kota Ternate yang baru saja MoU dengan PSM Makassar terkait pertukaran SDM.

Wali Kota Ternate ingin menjajal persepakbolaan Parepare. Wali Kota Ambon dan Wali Kota Banjarmasin pun berkeinginan uji coba sepakbola di Parepare.

Merasakan rumput lapangan dan stadion sepakbola di Parepare. “Kalau itu keinginan wali kota, siapkah KONI untuk pembinaan olahraga sepakbola. Jangan sampai kita sudah bangunkan stadion sepakbola yang bagus, sepakbola Parepare malah kalah 0-12. Nah, itu tantangan yang harus dijawab,” imbuh Taufan.

Di akhir sambutannya, Taufan mengapresiasi pengurus baru KONI yang ramping. Pengurus KONI berjumlah 31 orang. Taufan mengibaratkan atlet olahraga sumo, yang saking gemuknya jadi susah goyang.

Pengurus KONI Parepare resmi dilantik oleh Ketua Umum KONI Provinsi Sulsel, Ellong Tjandra. Ikut hadir saat pelantikan, Sekum KONI Sulsel Dr Ad’dien dan beberapa pengurus KONI Sulsel.

KONI Parepare diketuai Parman Farid yang sudah dua periode menjabat. Di struktur Dewan Penyantun terdapat nama Wali Kota dan Ketua TP PKK Parepare serta unsur Forkopimda hingga Ketua BMPD dan Pimpinan Bank Sulselbar Parepare.

Di Dewan Kehormatan terdapat nama M Rahmat Sjamsu Alam yang merupakan Wakil Ketua DPRD Parepare, HM Siradz A Sapada, Muh Yusuf MR, dan H Basri yang namanya sudah menasional. (Fajar Udin)