Minim Penerangan Jalan, Jalur Lingkar Utara Rentan Kriminalitas dan Asusila

Sumenep, Jatim| suaranasionalnews.co.id – Banyak masyarakat mulai mengeluh atas minimnya lampu PJU (Penerangan Jalan Umum) yang ada di ruas jalan Lingkar Utara, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Sejak pertama kalinya dilaunching bupati, tertanggal 26 Januari 2021 kemarin, lampu PJU yang terpasang hanya terfokuskan pada tiga titik lokasi saja, akses masuk yang melalui Desa Parsanga, Bundaran di desa Tenonan, serta akses masuk yang melalui Desa Kebunan.

“Kondisi jalan di malam hari sangat gelap, hanya terpasang beberapa lampu penerangan saja. Ditambah lagi dengan kondisi jalan yg penuh tikungan, sangat dikhawatirkan nantinya akan banyak terjadi kecelakaan lalu lintas,” ungkap Imam, tokoh masyarakat asal Desa Tenonan, Kecamatan Manding. Rabu 10/03/2021.

Senada dengan pernyataan diatas, AKP ACHMAD ROBIAL, S.E., S.I.K., Kabag Ops Polres Sumenep juga sangat mengharapkan pada pihak instasi terkait agar selekasnya untuk menambah jumlah lampu PJU di ruas jalan tersebut.

Menurutnya lagi, dengan minimnya lampu penerangan yang ada saat ini, akan jadi pemicu terjadinya aksi – aksi kriminalitas, balap liar ataupun tindakan asusila.

“Kita rutin melakukan patroli ke ruas Jalan Lingkar Utara. Kondisinya memang sangat gelap dimalam hari, sangat rentan terjadi aksi kriminal ataupun perbuatan asusila,” tandas Kabag Ops.

Menyikapi permasalahan tersebut, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep, Drs. Agustiono Sulasno, MH., melalui Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan Dishub Sumenep, Edi Purwanto menjelaskan, untuk saat ini Dishub tidak bisa berbuat banyak.

Edi Purwanto menyatakan bahwa saat ini pihaknya tidak memiliki ‘anggaran khusus’ untuk penambahan Lampu PJU Lingkar Utara. Lagipula akses jalan tersebut masih baru, butuh proses untuk menjadi maksimal.

“Kita tidak memiliki anggaran khusus untuk pengadaan Lampu PJU di lingkar utara, belum lagi adanya pemotongan anggaran dinas akibat pendemi covid 19,” terangnya.

“Ruas jalan tersebut masih terbilang baru, nantinya pasti akan ada pembenahan. Sebenarnya untuk pemasangan PJU telah masuk pada proses perencanaan. Nantinya di tiap 50 meter akan ada lampu PJU, moga bisa realisasi di tahun ini,” Edi menambahkan. (And)