Minggu Militer Kodim 0827 Sumenep, Guna Membina dan Menjaga Kemampuan Militer Prajurit

Sumenep – Dalam program latihan rutin dan terjadwal dari komando atas bahwa minggu ke-empat dalam setiap bulan, merupakan waktu satu minggu guna mengasah segala kemampuan militer pada setiap indiidu anggota TNI guna menunjang tugas pokok TNI.

Apel pagi pada hari ke – empat pada minggu Militer bulan Januari 2020 di Makodim 0827 Sumenep yang diambil oleh Kapten Inf H. Ahmad Muher Danramil 0827/03 Manding menekankan ulang terkait kemampuan sebagai anggolat militer TNI AD yang merupakan salah satu matra darat dati tubuh TNI guna mempertahankan keutuhan dan menjaga kedaulatan NKRI.

Kapten Inf H. Ahmad Muher mengatakan, setiap anggota Kodim 0827 Sumenep sebagai individu yang bertugas di satuan kewilayahan wajib membina dan menjaga kemampuan militernya, disamping melaksanakan tugas kewilayahan sesuai wilayah tanggung jawabnya.

“Oleh karena itu kesempatan satu minggu di minggu terakhir dalam setiap bulan tersebut harus kita manfaatkan, mulai pendalaman ilmu – ilmu militer, ketangkasan militer, fisik dan mental prajurit sebagai Babinsa anggota Kodim 0827 Sumenep,” ungkapnya.

Lanjut Kapten Muher, selesai pelaksanan apel pagi ini, sesuai yang dijadwalkan staf Operasional dilanjutkan dengan pembinaan fisik senam pelemasan dan penguatan dilanjutkan dengan lari dengan jarak tempuh 5 km serta dilanjutkan dengan tugas tanggung jawab sesuai jabatan dan tanggungjawab masing – masing.

Sementara itu Kasdim 0827/Sumenep, Mayor Inf. R. Hendro Prapto Mukti jugha menyampaikan, anggota Kodim 0827/Sumenep beserta jajarannya diharapkan lebih Jernih, Cermat, serta lebih Teliti, dan lebih Waspada dalam menanggapi dan bertindak pada situasi dan kondisi saat ini.

“Jangan sampai kita lengah dengan situasi dan kondisi yang ada pegang teguh tugas pokok kita sebagai benteng Negara untuk menjaga Kedalulatan dan Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan berpedoman pada Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan 8 wajib TNI,” jelasnya.

Kasdim juga juga menegaskan, kepada anggota yang bertugas diwilayah Koramil, pada saat bergerak ke wilayah binaan maupun apel di Makodim 0827, harus tetap perhatikan keamanan personel dan materil, waspada dan tanggap akan perubahan situasi kondisi diwilayah masing-masing, laporkan kepada Komandan pada kesempatan pertama dalam setiap kemungkinan dan kejadian.

“Jaga dan junjung tinggi Netralitas TNI dalam menghadapi pilkada serentak tahun 2020, tetap perhatikan keamanan personel dan materil, selalu waspada dan tanggap dalam setiap perubahan kondisi dan situasi di masing-masing wilayah serat laporkan segera pada kesempatan pertama pada setiap kemungkinan dan kejadian.” Pungkas Kasdim.

Mayor Hendro juga menegaskan kepada setiap anggota, agar secara intens bergabung dengan pihak kesehatan, Polri dan pihak terkait guna menenangkan masyarakat dan memberikan pengertian dan pemahaman akan firus Corona yang mematikan yang sedang berkembang saat ini.

Pada kesempatan tersebut Pertu Hosni Bintara tinggi Operasional Kodim 0827 Sumenep mengatakan, mataeri kali ini melaksanakan lari bersenjata dan diselingi dengan jalan cepat bersenjara dengan jarak tempuh 5 km yang akan didampingi anggota Propoost dan ambulance sebagai protap pelaksanakaan kegiatan fisik keluar satuan.

Menurutnya, dengan materi tersebut fisik dan mental dapat terjaga, kebugaran parjurit terbentuk guan mendukung tugas pokok dan tugas – tugas kedepan yang semakin kompleks dan berfariasi.

“Kesehatan dan kesetabilan tubuh Prajurit juga tergantung pada tingkat pembinaan fisik dan mentalnya secara rutin dan berkala yang dilakukan terus menerus secara individu dan kelompok,” ungkapnya. (Pendim 0827)